Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Islamic Fashion Festival akan Hadir di Jakarta

Kompas.com - 19/07/2008, 10:31 WIB

Festival busana muslim atau Islamic Fashion Festival (IFF) ke-5 kembali akan digelar di Jakarta tanggal 22-23 Juli 2008. Sejak pertama kali digelar pada tahun 2006, IFF bertujuan untuk menghadirkan pilihan busana muslim bernuansa Islami yang penuh gaya namun disesuaikan dengan kaidah busana muslim.

Salah satu tujuan acara ini adalah untuk menetapkan Jakarta, Kuala Lumpur, dan Dubai sebagai pusat mode Islami, seperti halnya London-Paris-New York sebagai pusat mode dunia. Itu sebabnya tuan rumah acara selalu bergiliran antara tiga kota yang mayoritas penduduknya memang pemeluk agama Islam itu.

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, tahun ini panitia akan mencoba konsep baru. "Kami akan menggelar acara selama dua hari. Hari pertama adalah gala dinner yang dihadiri kalangan terbatas dan menampilkan karya perancang  senior. Di hari kedua, akan tampil para desainer muda," papar Datuk Raja Reza Syah, ketua IFF.

Dalam dua hari penyelenggaraan yang akan diadakan di Hotel Dharmawangsa Jakarta tersebut, akan hadir karya para perancang dari Indonesia, Malaysia, Iran, Bangladesh, Pakistan, Singapura, dan sebagainya. Para desainer tersebut, ungkap Datuk Reza, siap menghadirkan variasi pilihan busana muslim.

"Mulai dari busana muslim yang berselendang dan masih kelihatan rambutnya, hingga yang tertutup maksimal," kata Datuk Reza. Beberapa rancangan juga dapat dikenakan saat bersinggungan dengan Muhrim-nya dalam acara keluarga, seperti busana kasual, pakaian renang, hingga kreasi gaun malam dan pakaian Sholat.

Dari Indonesia beberapa perancang yang akan berpartisipasi di antaranya Biyan, Sebastian Gunawan, Itang Yunasz, Musa Widiatmo, Syahreza Muslim, Fara & Claudia, Meeta Fauzan, dan masih banyak lagi. Sementara itu Malaysia akan diwakili oleh Dato Tom Abang Saufi, Datin Syarifah Kirana, Iszal, Calvin Thoo, dan Aktif Bestasi.

Panitia IFF juga mengundang kalangan kerajaan Malaysia, Wakil Menteri Pariwisata Malaysia, serta pejabat dan kalangan pencinta fashion dari berbagai negara di Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com