Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Produktif dari Rumah

Kompas.com - 02/09/2008, 13:26 WIB

Meski Anda telah melakukan antisipasi, tetap saja akan ada saat di mana semua tidak berjalan sesuai rencana. Terserang gejala flu, Si Kecil mendadak rewel, atau harus menunggu perbaikan listrik di rumah. Ingin mengambil cuti, tapi kok sayang, ya. Oh, mengapa tak minta keleluasaan waktu bekerja untuk menyelesaikan tugas dari rumah?

Selain pekerjaan tak terbengkalai, Anda pun tetap bisa menunggui Si Kecil. Bekerja dari rumah tidaklah semudah yang dikira, banyak gangguan yang akan merusak konsentrasi Anda. Nah, agar pekerjaan yang Anda lakukan di rumah lebih produktif, ada beberapa tips yang perlu diketahui:

- Jangan berasumsi semua oke
Banyak atasan yang tidak suka saat bawahannya menyampaikan ingin melakukan pekerjaan dari rumah. Karena itu jangan berasumsi si bos akan menerima begitu saja keinginan Anda. Mintalah izin terlebih dulu. "Masih banyak manajer yang belum yakin bisa mengawasi orang yang tidak dilihatnya," kata Carl Van Horn, direktur John J Heldrich Center for Workforce Development. Bila atasan mengizinkan dengan beberapa syarat, seperti harus hadir saat rapat atau menyerahkan laporan sesegera mungkin, penuhilah.

- Minimalkan gangguan
Mengerjakan tugas-tugas kantor dari rumah tidak akan selancar bila Anda kerjakan dari rumah. Melihat ibunya di rumah tentu Si Kecil mengharapkan Anda akan menemaninya bermain seharian, bila tak dituruti ia bisa rewel dan membuat Anda frustrasi. Untuk mengatasinya, ajak Si Kecil bermain di dekat Anda. Sementara Anda bekerja, berikan permainan yang membuatnya sibuk. Sesekali beri perhatian dengan memeluk atau menciumnya.

- Lengkapi fasilitas yang memadai
Usahakan agar Anda tetap terhubung dengan kantor, bisa lewat internet atau telepon sehingga Anda tetap bisa berkoordinasi dengan rekan-rekan di kantor. Bila Anda terpaksa bekerja di rumah untuk sementara waktu karena menunggui anak yang sakit, mintalah akses untuk mengecek email kantor atau file lainnya.

- Buat prioritas
Beberapa orang merasa lebih produktif bekerja dari rumah ketimbang di kantor. Hal ini berlaku untuk mereka yang pekerjaannya menulis, penerjemah atau membuat report. Namun, ada beberapa bidang pekerjaan yang tak mungkin dilakukan di rumah karena memerlukan koordinasi langsung dengan rekan sekerja atau terhubung dengan sistem informasi kantor, seperti accounting. "Anda harus bisa memilah. Bekerja dari rumah tidak cocok untuk semua orang, ada orang-orang yang tidak bisa bekerja dengan pengawasan yang kecil," kata Chuck Wilsker, CEO Telework Coalition.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com