Minggu, 20 April 2014
Gaya Kasual dan Formal untuk Lebaran
Jumat, 12 September 2008 | 13:29 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

Busana muslim yang bergaya kasual koleksi butik Up2date.

BAGI sebagian besar kaum Muslim tak lengkap rasanya menjalankan ibadah puasa tanpa mengenakan busana muslim. Tradisi berlebaran dengan busana muslim juga membuat permintaan untuk busana ini meningkat tajam menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran. Mall Pacific Place, Kamis (11/9), mengadakan pergelaran busana muslim yang menampilkan koleksi terbaru dari butik Mumtaaz dan Up2date.

Desainer Nuniek Mawardi untuk butik Mumtaaz menampilkan busana bertema Ethnical Voyage. Busana yang didominiasi warna marun dan pastel ini merupakan perpaduan dari budaya Minangkabau, China, juga Thailand. Mumtaaz yang menyasar kelas atas ini menawarkan busana muslim untuk acara silaturahmi yang formal sehingga lebih glam dan elegan.

Detail bordir ala Bangkok di bagian pinggir busana, baik untuk koleksi pria maupun wanita, semakin menegaskan kesan etnik. Khusus untuk pria, atasan bergaya pakaian etnis China bermodel tumpuk akan menjadi pilihan yang unik sekaligus modern untuk Lebaran nanti. Aksen tumpuk dan penggunaan bolero banyak dipilih Nuniek untuk koleksi terbarunya ini. Menurut S Artaty, Manager Operasional butik Mumtaaz, hal tersebut memang disesuaikan dengan kaidah busana muslim.

Koleksi busana yang dijual mulai Rp 3 juta ini banyak menggunakan bahan sifon, sutra, juga velvet untuk menciptakan kesan mewah. Selain busana eksklusif, Mumtaaz juga menawarkan koleksi busana muslim yang lebih kasual. "Kami juga punya koleksi ready to wear (siap pakai) yang lebih simpel. Biasanya berupa setelan tunik atau baju bergaris A," kata Artaty.

Bergaya Kasual
Selain koleksi Mumtaaz, peragaan busana yang diadakan beberapa saat sebelum berbuka puasa itu juga menampilkan koleksi terbaru dari butik Up2date yang lebih bergaya kasual. Memilih tema Urban East, butik yang memilih segmen orang muda ini tetap menampilkan ciri ringan dan nyaman.

Menurut Aju Isni Karim, pemilik butik Up2date, koleksi terbarunya ini menampilkan koleksi busana bergaris urban dengan model simpel. Keseluruhan koleksi yang ditampilkan memang terlihat sederhana dengan warna-warna "aman" dan netral, seperti abu-abu, krem, marun, atau hitam-putih.

Bahan yang dipakai didominasi kaus atau rajut tipis dengan detail minimalis. "Detailnya juga simpel, misalnya manik-manik atau kerang kecil-kecil. Namun, total look-nya akan terlihat istimewa," papar Isni sebelum peragaan busana dimulai.

Ditambahkan Isni, saat ini tren busana muslim lebih mengutamakan unsur kenyamanan. "Kaum Muslim kini lebih menyukai busana muslim yang tidak menghalangi aktivitas dan berpenampilan muda. Itu sebabnya kami banyak memakai bahan-bahan yang lentur," ujarnya. Bagi Anda yang ingin bergaya kasual, tapi tetap sesuai dengan kaidah Islam, rasanya koleksi Up2date ini tepat jadi pilihan.

Butik Mumtaaz: Jl. Penjernihan I no 29, Pejompongan, Jakarta Pusat

Butik Up2date: ITC Kuningan Lt 1 Jakarta, Jl Cisangkuy 56, Bandung.

TERKAIT: