Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Hamil yang Bikin Ibu Tersipu

Kompas.com - 28/01/2009, 16:00 WIB

Hal-hal aneh kerap muncul mengiringi kondisi kehamilan. Celakanya, itu kadang bikin ibu hamil tersipu malu, terutama bila terjadi di depan umum. Jangan cemas, kiat dari WebMD ini bisa jadi solusi.

1. Kerap Kentut
Menurut Laura Riley, MD, ahli kandungan di massachusetts General Hospital, Boston, AS, kondisi ini paling banyak dikeluhkan ibu hamil, terutama pada trisemester pertama. Ini akibat naiknya hormon progesteron, yang secara perlahan bergerak ke daerah perut.

Solusi: Kurangi makanan dan minuman yang menimbulkan gas perut seperti kol, kacang, soda. Konsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering.

2. Mendadak Muntah
"Umum disebut morning sickness," ujar Kathryn Macaulay, MD, ahli kandungan dari the University of California, San Diego Medical Center.

Solusi: Konsumsi vitamin prenatal (biasanya mengandung zat besi) di malam hari dan bersama makanan. Pemijatan saraf di pergelangan tangan yang berkaitan dengan rasa mual dapat mengurangi muntah. Permen rasa jahe atau lemon juga memberi efek antimual.

3. Ngompol
Kehamilan dan inkontinensi urin saling bergandeng tangan. Semakin rahim membesar, akan menekan kantong kemih, sehingga ibu hamil sulit menahan kencing. Dianjurkan lebih banyak minum saat siang, bukan waktu menjelang tidur, supaya kasur tidak kebanjiran.

Solusi: Berlatih senam kegel untuk membantu mengontrol keluarnya urin.

4. Miss V Bau dan Gatal
Perubahan hormon dan makin beratnya janin bisa membuat vagina agak berbau, gatal, atau agak bengkak. Juga akibat bertambahnya cairan dan darah.

Solusi: Penggunaan panty liner dapat membantu menjaga area V tetap kering dan bersih, sehingga semua ketidaknyamanan itu bisa disingkirkan. Anda harus sering mengganti pantyliner tersebut, supaya tidak mengiritasi kulit.

5. Gampang Lupa
Isitilah "mommy brain" muncul karena tak sedikit ibu hamil, terutama pada trisemester kedua, yang mengalami penurunan memori. Ibu hamil lupa yang harus dibeli ketika sudah berada di supermarket, contohnya. Hal ini sangat mungkin terjadi karena pikiran ibu hamil biasanya dipenuhi banyak hal. Cemas akan bayi yang dikandung, tentang masa depan, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com