Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melelehkan Cokelat

Kompas.com - 27/03/2009, 18:34 WIB

KOMPAS.com — Anda mungkin sering menemukan resep-resep snack cokelat yang yummy seperti strawberry lapis cokelat atau cookies cokelat. Pada snack seperti itu, Anda tentu akan diminta melelehkan cokelat batangan sehingga bisa melapisi strawberry atau cookies dengan sempurna. Berikut adalah cara mencairkan atau melelehkan cokelat. Sebelumnya, siapkan talenan, pisau bergerigi, panci besar, mangkuk tahan panas (cukup besar sehingga dapat ditumpangkan di atas panci), dan spatula karet untuk mengaduk cokelat.

1. Iris cokelat menjadi potongan-potongan kecil sebesar gula batu. Pisau bergerigi akan bekerja lebih baik untuk memotong.

2. Taruh potongan-potongan cokelat ke dalam mangkuk tahan panas (dari kaca atau metal). 

3. Tumpangkan mangkuk di atas panci. Isi panci lebih dulu dengan air hingga tinggi air sekitar 2,5 cm. Atur posisi mangkuk tahan panas di mulut panci untuk memastikan air tidak menyentuh dasar mangkuk.

4. Aduk cokelatnya begitu mulai melunak. Bila ada potongan kecil cokelat yang belum meleleh, pindahkan mangkuk dari panas api. Sisa-sisa panasnya akan melelehkan cokelat belakangan. 

Tips:

Masak cokelat di atas api kecil. Api besar akan membuatnya gosong, atau mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com