Senin, 24 November 2014
Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki
Jumat, 3 April 2009 | 09:54 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Sebaiknya kenakan sepatu yang sedikit terbuka.

Anda merasa sebagai orang yang cukup higienis. Tetapi saat pulang dari kantor dan melepaskan sepatu Anda yang cantik, alamak... baunya! Bahkan bila Anda memperhatikan, bau-bauan saat melepas sepatu ini tak jauh berbeda dengan bau kaki teman Anda yang suka melepas sepatu di balik meja kerjanya. Kok bisa begitu, ya?

Nah, berita baiknya: Anda tidak sendiri. Masalah bau kaki ini terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang yang terkenal selalu wangi. Mereka hanya tidak tahu darimana asal muasal bau kaki ini, dan tidak tahu bagaimana mengatasinya.

Biang kerok dari bau kaki adalah keringat. Tubuh kita memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sedangkan kaki kita termasuk bagian tubuh yang paling berkeringat. Dalam sehari, satu kaki dapat memproduksi lebih dari satu pint (sekitar 568 ml) keringat! Keringat itu sendiri sebenarnya merupakan campuran air dan garam, sehingga tidak memiliki bau tertentu. Bau itu disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bau yang kuat. Keberadaan bakteri pada kulit ini juga normal, namun keringat menarik bakteri dan memberikan banyak makanan untuknya.

Bila keringat pada kaki menjadi lebih berbau daripada keringat di tubuh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kaus kaki dan sepatu kita. Sebab keringat yang dibuang oleh kaki tidak mudah menguap seperti keringat di telapak tangan, dan malah mengumpul di kulit dan kaus kaki. Bakteri menyukai tempat gelap, lembab, dan banyak "makanan". Ketika Anda membuka sepatu, bau yang menampar Anda itu adalah produk buangan bakteri yang terkumpul di kaki, kaus kaki, dan sepatu Anda.

Nah, mengapa bau kaki kita bisa lebih "membius" daripada bau kaki orang lain, adalah karena kita mungkin lebih banyak berkeringat. Oleh karena itu, kaki Anda pun kadang-kadang tidak begitu bau, lain waktu sangat memabukkan. Ini hanya berkaitan dengan seberapa banyak Anda berkeringat saat itu.

Cara menghilangkan bau kaki
Karena bau kaki disebabkan oleh bakteri yang memakan keringat, ada dua cara utama untuk mengurangi bau tersebut.

Kurangi jumlah bakteri pada kaki. Caranya:
1. Mencuci kaki dengan sabun antibakteri yang kuat.
2. Jangan membiasakan diri memakai kaus kaki yang sama selama berhari-hari. Ganti kaus kaki setiap hari.
3. Tidak menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Tinggalkan sepatu yang baru dipakai selama 24 jam atau lebih untuk mengeringkannya sebelum memakainya kembalil.

Kurangi jumlah keringat yang menempel di sepatu, dengan cara:
1. Boots atau pumps Anda mungkin terlihat keren, namun lebih baik mengenakan sepatu yang memiliki "ventilasi". Pilih saja sling back shoes yang bertali di belakang, atau peep toe shoes. Sebagai wanita, Anda masih punya banyak pilihan sepatu, kok.
2. Bila Anda senang menggunakan kaus kaki atau stoking, pilih yang terbuat dari katun atau bahan yang menyerap keringat lainnya.
3. Ganti kaus kaki Anda setiap hari.
4. Beri bahan antiperspirant pada kaki Anda. Coba cari di apotik atau toko kosmetik.
5. Jika cara di atas tidak membantu, sudah waktunya Anda mengunjungi dokter. Minta obat dengan resep yang dapat mengatasi  bau kaki yang serius, dengan membunuh bakteri dan mengurangi keringat pada kaki.

 


BERITA LAIN: