Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sendiri lagi, Setelah Bercerai

Kompas.com - 09/04/2009, 15:24 WIB

KOMPAS.com - Sesudah bertahun-tahun menikah tiba-tiba Anda bercerai dan sendiri lagi. Bila selama ini sibuk dengan urusan rumah tangga, tentu saja tidak mudah bagi Anda untuk menyesuaikan diri lagi dengan dunia baru dan menghadapi segala sesuatunya sendirian.

Langkah pertama: Lupakan
Adalah penting untuk menyadari bahwa hubungan Anda dengan mantan sudah berakhir. Ada cara mujarab untuk melewati proses memaafkan dan melupakan. Sebaiknya, mulailah dengan tahapan melupakan. Bagian memaafkan biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama.

Pertama, buang dan singkirkan segala sesuatu yang "berbau" dia. Bau merupakan hal yang paling kuat, yang mengingatkan kita pada kenangan masa lalu, bagaimanapun kita berusaha untuk melupakannya. Hindari untuk bertemu dengannya untuk beberapa bulan, kecuali terpaksa. Misalnya, untuk urusan pengadilan mengenai hak perwalian anak. Dengan tidak bertemu, akan lebih mudah bagi Anda untuk melupakannya.

Jelas sekali, Anda harus menyingkirkan foto-fotonya. Tunggu dulu! Tidak perlu membuang atau membakarnya, tetapi cukup menyimpannya di satu tempat yang tidak akan Anda buka-buka. Di salah satu sudut gudang, misalnya.

Jangan mencoba mencari seseorang sebagai penggantinya dengan cepat. Anda mempunyai banyak waktu untuk memilih orang yang tepat. Sementara itu, buka lebar-lebar wawasan. Pergi makan siang di luar, kunjungi pameran, nonton bazar, beli sepatu baru atau sesuatu yang Anda sukai. Ubah dekorasi kamar dan rumah sesuai dengan selera Anda. Dengan demikian Anda sudah maju satu langkah untuk menjalani hidup yang mandiri.

Langkah kedua: Susun Daftar Inventaris
Selanjutnya, susun daftar segala sesuatu yang berharga yang Anda miliki seperti kesehatan, anak-anak, rumah, maupun mobil. Lalu buat daftar terpisah yang isinya tentang kemungkinan yang harus dijalani dalam kehidupan baru seperti kursus yoga, mengubah penampilan, dan lainnya. Atur kedua daftar tersebut untuk dijalani, terutama yang berkaitan dengan masa depan Anda. Kehidupan yang baru tidak akan jauh berbeda dengan kehidupan yang lama, kecuali tanpa seorang pria atau dengan seseorang yang baru.

Langkah ketiga: Jalani Kehidupan
Berikut ini pernyataan seseorang yang telah menjalani hidup sendiri selama beberapa waktu. "Sesudah beberapa tahun perceraian, akhirnya saya belajar bagaimana menikmati kesendirian saya. Butuh waktu yang agak lama bagi saya untuk dapat menikmati kesendirian ini. Awalnya, saya merasa sangat kesepian. Terutama pada saat anak-anak sedang bersama ayah mereka. Saya berusaha keluar untuk bertemu dengan teman ataupun keluarga. Walaupun hal ini berjalan dengan baik, tetap saja rasa kesepian itu hadir.

Rasa kesepian tersebut dapat saya atasi pada saat saya menyadari, saya adalah seorang wanita yang kuat, sehat, dan mempunyai masa depan yang luar biasa yang harus saya jalani. Walau bagaimanapun saya tetap bersyukur kepada Tuhan karena saya telah dapat menikmati suatu kehidupan perkawinan yang luar biasa sebelum ini dan saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan telah dikarunia anak-anak yang sehat, baik, dan pintar.

Saya masih mempunyai selera humor dan yang terpenting, sebagai seorang wanita, saya merasa masih punya daya tarik. Begitu Anda merasakan dan menyadari semua ini, Anda akan bangkit dan menjalani hidup Anda dengan penuh gairah."

Hidup ini merupakan pilihan. Anda yang menentukan kehidupan yang bagaimana yang akan Anda jalani. Entah itu kehidupan yang bahagia atau bukan. Sebab, begitu Anda tahu kehidupan yang bagaimana yang diinginkan, Anda akan bangkit dan berusaha untuk meraihnya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com