Senin, 24 November 2014
Pilihan Kado untuk Ibu Bersalin
Rabu, 22 April 2009 | 16:38 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Hadiah apa pun pasti akan berguna bagi sang ibu.

KOMPAS.com — Saat memilih kado buat ibu, hal pertama yang biasa diingat pastilah kebutuhan dan perlengkapan bayi. Padahal, sudah selayaknya ibu juga mendapat hadiah atas perjuangannya menjalani kehamilan dan persalinan. Apa saja kado yang pantas diberikan untuk ibu yang baru saja melahirkan?

1. Uang. Merupakan hadiah paling fleksibel yang dapat diberikan. Anda bisa menggunakan uang itu untuk berbagai keperluan, baik untuk dirinya sendiri, maupun bayinya. Sayangnya, uang tak bisa dijadikan kenang-kenangan.

2. Buku-buku perawatan dan pendidikan anak. Kado ini sangat bermanfaat karena dapat memperkaya wawasan ibu tentang perawatan dan pengasuhan anak. Anda bisa memilih buku tentang perawatan ibu seusai bersalin, mengoptimalkan kecerdasan bayi, stimulasi untuk bayi, dan lain-lain. Pilih buku yang mudah dibaca dan lengkap. Yakinlah, ibu akan senang menerima berbagai bacaan mencerdaskan tersebut.

3. Perlengkapan seusai melahirkan. Ibu biasanya sudah mempersiapkan perlengkapan melahirkan jauh-jauh hari. Namun, memberinya hadiah itu tidaklah sia-sia karena dia pasti tetap akan menggunakannya di saat perlengkapan miliknya sudah habis. Beberapa perlengkapan itu antara lain kantong plastik tempat ASI, pembalut khusus, tisu basah, dan korset.

4. Perlengkapan menyusui. Sangat bermanfaat bagi ibu yang memberikan ASI. Perlengkapan itu antara lain pompa ASI manual atau elektrik, bra untuk menyusui (Untuk teman dekat dan tentunya Anda sudah tahu nomor bra yang dia gunakan), pelindung puting (nipple shield), krim untuk payudara agar tidak mudah terluka saat menyusui, celemek yang dapat digunakan saat menyusui di tempat umum, bantal menyusui, dan termos ASI.

5. Bunga. Pilih bunga segar nan indah dan pot yang menarik sehingga saat dipajang sedap dipandang mata. Bau harum dan aroma segar akan membuat betah orang berada di dekatnya. Anda juga bisa menulis ucapan selamat di sebuah kertas. Ibu yang diberi pasti senang.

6. Foto. Agus Kuncoro, seorang bintang sinetron, begitu surprise saat menerima hadiah foto dirinya bersama si kecil dari teman baiknya. Anda bisa menirunya memberikan hadiah kenang-kenangan foto. Caranya bisa bermacam-macam, misalnya, setelah memilih waktu yang tepat, Anda bisa menyewa fotografer profesional dan membuat janji pemotretan dengan ibu, bayi, dan suami di rumah, atau di rumah sakit menjelang pulang ke rumah. Gunakan bingkai foto yang bagus. Ada juga boleh mencantumkan nama di foto tersebut. Meski tergolong mahal, hadiah itu sangat berkesan dan bisa dijadikan kenang-kenangan buat si ibu. Selain foto, kado juga bisa berupa lukisan, rekaman video, dan lain-lain.

7. Voucer. Sibuk mengurusi anak tidak berarti ibu dilarang menikmati waktu untuk dirinya sendiri. Karena itu, Anda bisa memberinya voucer belanja, voucer spa atau relaksasi, voucer makan, film, musik, dan lain-lain. Pastikan hadiah yang diberikan sesuai dengan minat dan kebutuhan si ibu.

8. Kreasi. Kado ini bukan kado "pasaran". Ada banyak hasil kreasi yang bisa dijadikan kado sekaligus pajangan, semisal bingkai foto unik hasil kreasi dari clay, dan masih banyak kreasi lainnya. Anda bisa mencantumkan nama dan orang yang diberi beserta nama bayinya di produk kreasi tersebut.

Aneka kado lainnya:

* Sekeranjang buah-buahan yang ditata rapi.
* Snack/kue kering yang ditata seperti gift.
* Baju rumah yang modelnya mudah untuk menyusui.
* Sepasang sandal rumah yang cantik.
* CD lagu-lagu/film favoritnya.
* VCD Back to Shape atau video untuk melangsingkan yang bisa dilakukan sendiri di rumah setelah masa nifas selesai.
* Keanggotaan di sebuah pusat kebugaran selama 1 tahun agar ibu bisa mengembalikan bentuk tubuhnya.
* Sebuah tas malam yang cantik atau tas kerja bagi ibu yang bekerja.
* Sepasang sepatu untuk bepergian atau ke kantor.
* Seperangkat alat rias agar wajah ibu tetap segar meskipun sedang menyusui.

 


BERITA LAIN: