Kamis, 23 Oktober 2014
Punya Panggilan Sayang untuk Pasangan?
Kamis, 23 April 2009 | 11:37 WIB
|
Share:

Buat panggilan sayang yang unik dan tak dimiliki orang lain.

KOMPAS.com - Banyak suami-istri atau pasangan kekasih yang memanggil satu sama lain dengan panggilan "Sayang" atau "Yang", "Honey", atau "Babe". Begitu melekatnya panggilan ini pada diri masing-masing, sampai-sampai panggilan sayang itu terdengar biasa, atau terdengar seperti nama sesungguhnya saja. Seringkali hubungan suami-istri juga sudah begitu menyatu, sehingga memanggil "sayang" sambil mengomel pun bisa saja terjadi.

Pada beberapa pasangan lain, panggilan sayang juga diberikan dalam bentuk yang lebih pribadi. Ada rekan Kompas.com yang punya panggilan sayang "Bung" untuk suaminya, karena sang suami berasal dari etnis tertentu. Pasangan yang lain punya panggilan "Ndut" untuk masing-masing, karena sama-sama bertubuh subur.

Memiliki panggilan sayang khusus memang unik, karena "sejarah" nama kesayangan tersebut hanya Anda berdua yang mengetahui, dan tentu tidak akan dipakai oleh pasangan lain. Private nickname mampu menunjukkan kedekatan antara pasangan tersebut. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Social and Personal Relationship mengatakan bahwa kepuasan dalam hubungan meningkat dengan adanya insider language, atau bahasa-bahasa yang hanya dimengerti dan digunakan oleh kedua pasangan.

James Turndoff, PhD, seorang terapis relationship, mengatakan, "Menggunakan nicknames dan bahasa yang dibuat sendiri adalah cara yang mudah untuk menyampaikan komunikasi yang positif dalam hidup sehari-hari." Private language, menurutnya, juga merupakan cara yang baik untuk menampilkan hubungan yang penuh kerjasama, partner yang saling mendukung.

Bahkan bila Anda ingat, nicknames sebenarnya tak hanya berlaku bagi pasangan kekasih. Dalam pergaulan di kantor atau di lingkungan hobi, selalu ada orang-orang yang memiliki panggilan khusus. Misalnya, ada Ari Tulang, ada Ari Daginkz. Ada nama yang sekadar dibolak-balik agar terdengar lucu. Baik nama yang bermakna khusus, atau sekadar untuk lucu-lucuan, hal tersebut menunjukkan keakraban, kedekatan yang sama.

Pendek kata, bila Anda dan pasangan memiliki panggilan khusus, sebutlah dengan perasaan bangga dan sayang. Bagi orang lain, mungkin Anda adalah sekadar nama. Namun bagi Si Dia, Anda adalah Upil, Si Nyet, Nong Nong, atau apa pun, yang sangat istimewa untuknya.


BERITA LAIN: