Kamis, 2 Oktober 2014
Cara Cepat Memanjangkan Rambut
Kamis, 30 April 2009 | 12:10 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Biarkan rambut Anda terbebas dari aksesori yang mencengkeram rambut.

KOMPAS.comOh, no! Stylist memotong rambut Anda terlalu pendek! Tengkuk yang terlihat membuat Anda tidak percaya diri, dan merasa mau masuk angin. Bagaimana cara agar rambut cepat panjang kembali?

Hal seperti ini kerap kita alami. Entah karena salah potong rambut, atau Anda ingin mendapatkan model rambut idaman sebelum trennya keburu berganti, Anda berharap rambut bisa panjang dalam sekejap. Berita baiknya, hal ini bisa saja terjadi. Seorang hairdresser mungkin akan mengatakan, jangan memotong rambut Anda lagi, sekalipun hanya untuk trimming atau merapikan model rambut.

Pada dasarnya, rambut akan tumbuh dengan cepat bila dalam keadaan sehat. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan agar rambut tetap sehat dan cepat panjang:

1. Jika rambut Anda rusak atau ujungnya bercabang, segera rapikan bagian yang bercabang tersebut. Memang Anda harus memotongnya, namun ini merupakan langkah awal. 

2. Jangan keramas setiap hari. Shampo bisa mengurangi minyak alami yang dihasilkan oleh rambut, dan berguna untuk menutrisi rambut. Kurangi kebiasaan ini menjadi beberapa kali seminggu, atau tiga hari sekali. Jika rambut Anda cepat kotor sehingga harus dicuci setiap hari, gunakan sedikit kondisioner setiap beberapa hari sekali. Kecuali Anda bekerja di luar ruangan, rambut Anda tidak kotor-kotor amat sehingga harus dikeramas setiap hari. Sedikit kondisioner cukup untuk mengusir kotoran dan melembutkan rambut. 

3. Minimalkan penggunaan karet rambut atau aksesori lain yang akan mencengkeram rambut Anda. Saat panjang rambut mulai nanggung, Anda memang cenderung akan mengikatnya supaya tidak mengganggu. Namun, karet rambut akan menyebabkan rambut patah jika setiap kali Anda mengikatnya di tempat yang itu-itu saja, seperti kuncir kuda.

4. Gunakan produk-produk penataan rambut sesedikit mungkin. Misalnya gel, volumizer, serum, hairspray, dan lain sebagainya. Penggunaan produk yang terlalu sering membuat rambut menggumpal sehingga Anda butuh shampo lagi untuk membersihkannya. Gumpalan bahan-bahan penataan rambut juga menambah kotor rambut Anda.

5. Minimalkan penggunaan alat-alat yang panas, seperti blow dryers, pengikal rambut, atau setrika rambut. Boleh-boleh saja memakainya, namun coba untuk tidak melakukannya terlalu lama agar rambut tidak terkena panas terlalu lama.

6. Pakai topi. Paparan sinar matahari akan merusak dan mengeringkan rambut. Jaga agar rambut menjadi sesehat mungkin sehingga mudah untuk tumbuh lagi.

7. Gunakan sikat rambut untuk memijat kulit kepala setiap malam. Lakukan gerakan memutar ke seluruh kulit kepala sekitar 15 menit. Setelah itu, sisir rambut Anda perlahan dari pangkal rambut hingga ke ujung. Cara ini akan mendistribusikan minyak alami pada pangkal rambut ke seluruh rambut hingga ujungnya.


BERITA LAIN: