Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekskavasi Temuan Petirtaan Abad Ke-VIII Dimulai

Kompas.com - 03/07/2009, 14:47 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Proses ekskavasi temuan struktur petirtaan atau pemandian yang diduga berasal dari abad ke-8 di Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, mulai dilaksanakan, Jumat (3/6).

Sehari sebelumnya, warga setempat juga berhasil menemukan saluran pembuangan air kuno yang menuju sungai, sekitar 15 meter dari titik penemuan pertama. Ekskavasi dilaksanakan enam petugas dengan menggali tanah hingga kedalaman 1 meter.

Penggalian sempat tersendat karena petugas harus membongkar fondasi lahan parkir pemandian air panas yang berada di atas temuan struktur petirtaan. Petugas berupaya mencari sudut-sudut struktur itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 25 Juni, warga menemukan struktur petirtaan saat akan membuat jalan menurun menuju pemandian air panas. Lokasinya berada di tepi sungai, berjarak sekitar 200 meter dari Candi Ngempon atau Candi Muncul yang diperkirakan dibangun sekitar abad ke-8, pada masa Wangsa Sanjaya.

"Baru satu sudutnya yang ditemukan, tetapi kami mencoba menggali sisi selatan sungai karena di sisi barat ada warung sehingga belum bisa dibongkar," kata Petugas Penggambaran, Subkelompok Pemugaran Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Andriyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com