Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Ulur dengan Si Bad Boy

Kompas.com - 07/07/2009, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Meskipun kita sudah sering mendengar bahwa bad boy bukan tipe pria yang dapat diandalkan untuk masa depan, namun kadang-kadang ia akan sulit dihindari bila sudah ada di depan mata. Siapa yang tahan dengan pesonanya?

Oke, bila Anda memang memutuskan untuk memuaskan hati Anda dalam mengenal lebih lanjut si bad boy ini, tak perlu menjauhi dirinya. Yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan strategi agar Anda tidak berharap terlalu banyak lalu kecewa belakangan. Juga, agar Anda tidak selalu menjadikan karakter bad boy sebagai patokan dalam mencari pasangan. "Bad boys itu seperti keripik kentang -sekali Anda mengencaninya, Anda akan terus menginginkan pria seperti itu sampai Anda muak," kata Caroline Presno, penulis Profiling Your Date: A Smart Woman’s Guide to Evaluating a Man.

Hal pertama yang perlu Anda jadikan pegangan dalam menjalani hubungan dengan bad boy adalah, jangan berharap si dia akan berubah karena bertemu Anda dan mengajak Anda menikah. Atau setidaknya, ngarep si dia bakal seperti Johnny Depp yang tidak lagi liar setelah berhubungan dengan Vanessa Paradis. Resepnya: nikmati seluruh waktu Anda bersamanya dengan kesadaran penuh, dan lakukan permainan tarik-ulur agar si dia tidak bosan dengan Anda.

Having fun saja. Jika Anda mengencani bad boy, bertekadlah untuk having fun saja, demikian saran Whitney Casey, penulis The Man Plan: Drive Men Wild-Not Away. “Belajarlah untuk menikmati pengalaman berpacaran dengannya, dan bukannya menekankan masa depan Anda. Dengan bad boy, Anda tak pernah tahu akan seperti apa masa depan Anda." Aktiflah dalam banyak kegiatan, supaya Anda tetap bisa mengisi waktu dengan menyenangkan meskipun tanpa kehadirannya.

Tetap buka diri Anda terhadap pria lain. Meskipun Anda masih menikmati hubungan dengan si bad boy, tetap lah membuka diri terhadap orang lain. Terima tawaran teman yang ingin memperkenalkan Anda pada teman prianya. Never say never dengan tawaran ini, karena Anda tak pernah tahu kepastian hubungan Anda dengan si bad boy. Jadi ketika hubungan Anda tak berlanjut, Anda masih punya banyak teman, dan dapat mengisi waktu Anda tanpa bersedih-sedih.

Jangan mengikuti aturannya. Coba pelajari bagaimana sejarah hubungannya dengan wanita-wanita lain. Apakah ia tak pernah mau menjelaskan apa yang dilakukannya saat ia sedang tak bersama kekasihnya? Apakah ia jarang membalas SMS Anda, dan hanya akan menelepon lepas pukul 22.00? Anda tidak boleh larut dalam permainannya. Matikan ponsel Anda pada malam hari atau pada jam tidur. Jangan menjadi kekasih yang selalu ada untuknya (padahal dia tak pernah ada untuk Anda).

Jangan repot-repot berusaha mengubah perilakunya. "Ada perbedaan besar antara fantasi bad boy dengan realitas," ujar Presno. "Ini bukan film. Ia tidak akan jatuh cinta pada Anda, dan mengubah sikapnya. Semakin cepat Anda menyadari tidak ada Hollywood happy ending dengan pria-pria ini, Anda akan semakin bahagia. Bad boy hanya punya kapasitas terbatas untuk cinta, komitmen, dan semua hal manis lainnya." Tak perlu marah dengan janji-janji kosongnya; selalu buat rencana cadangan agar Anda tetap sibuk meskipun ia tidak bersama Anda.

Ambil kontrol dalam hubungan Anda. Saat menghadapi bad boy, Anda harus memegang peran sebagai navigator, orang yang menentukan arah. Anda tak boleh duduk manis menunggu teleponnya, atau tenggelam dalam pikiran apakah ia mencintai Anda. Sekali-sekali, tolaklah ajakannya untuk bertemu agar dia tahu bahwa Anda tidak bisa diperlakukan semaunya. Jangan merengek, memelas, atau mengiba-iba, saat ia menolak undangan Anda untuk melakukan aktivitas bersama. Karakter wanita seperti ini tidak menantang buatnya.   

Hargai diri Anda. Bagi bad boy, hubungan cinta tak akan lengkap tanpa seks. Bila Anda tak memiliki masalah dengan hal ini, boleh saja, namun tetaplah waspada. Bila Anda bukan penganut seks pranikah, terimalah bahwa hubungan tanpa seks ini tak lama lagi akan segera berakhir. Pilihan terburuknya, jika Anda memutuskan menerima "undangannya", pastikan Anda memahami betul risikonya. Whitney Casey mengatakan, “Anda seharusnya menghargai diri Anda lebih dulu. Hubungan ini memang menyenangkan, namun jangan mengorbankan integritas dan harga diri Anda demi seorang bad boy!"

Tahu kapan harus mundur. Kelakuan para bad boy kadang-kadang terlalu menyakitkan, dan tidak mungkin dimaafkan. Jangan menyalahkan diri sendiri bila hal ini terjadi. Jadilah pihak yang membuat keputusan untuk menghentikan pertemuan dan komunikasi dengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com