Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mint, Si Hebat yang Punya Banyak Khasiat

Kompas.com - 22/07/2009, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Mint, dikenal sebagai penyegar napas, dan sering dapat dirasakan pada permen. Tak jarang, mint juga digunakan sebagai perasa dalam konsumsi lain, seperti minuman es, kue, bahkan lalap. Namun, siapa sangka, daun kecil nan wangi ini juga memiliki fungsi lain untuk tubuh kita. Ini di antaranya:

Scrub Kaki yang Lelah
Setelah seharian berjalan, berjibaku dengan manusia-manusia lain di angkutan, enaknya memanjakan diri di sore hari. Siapkan 1 gelas garam laut, 1/3 cangkir minyak zaitun, dan 6 tetes minyak esensial mint. Gosokkan pada keseluruhan kaki, lalu bersihkan. Garam mengeksfoliasi kulit mati, menthol pada mint menenangkan otot pada kaki.

Mengatasi Ketombe
Resep ini datang dari Resort Spa Lake Austin, Texas. Masukkan batang mint dan rosemary dalam 8 ons cuka apel, diamkan seminggu agar benar-benar keluar sarinya, lalu gunakan setelah keramas seperti menggunakan kondisioner. Mint akan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala untuk mencegah ketombe, sementara cuka apelnya akan mengeringkan ketombe.

Penghilang Sakit Perut
Kram perut bisa diatasi dengan segelas mint panas (tambahkan satu sendok teh daun mint segar ke dalam air panas). Mint membantu otot pencernaan untuk rileks dan mengatasi keram, demikian menurut Walt Coyle, MD, gastroenterology director di Scripps Medical Center, La Jolla, California.

Penghilang Rasa Lapar
Menurut sebuah studi yang dilangsungkan di Wheel­ing Jesuit University, West Virginia, mereka yang menghirup minyak esensial mint setiap 2 jam, berkurang konsumsi kalorinya hingga 23 persen ketimbang mereka yang tidak. Siapkan mint atau permen mint untuk membantu mengatasi rasa lapar. Namun, batasi konsumsi permennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com