Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilah Pilih Tas

Kompas.com - 25/07/2009, 12:11 WIB

Memilih tas
- Tas yang bagian pinggirnya menggunakan pipa plastik kecil umumnya mudah sobek di bagian sudut-sudutnya, tetapi cenderung mudah diganti atau diperbaiki.
- Tas yang pinggirannya dijahit dengan benang putih cenderung cepat kotor, membuat tas terlihat lebih tua dari seharusnya. Namun, jahitan bisa diganti atau dibersihkan oleh orang yang profesional di bidang tas.
- Ketika akan membeli, perhatikan bagian sambungan pegangan ke tasnya, apakah dijahit atau tidak. Pegangan yang hanya dilem atau disatukan menggunakan paku bulat pada akhirnya akan terputus. Tak ada yang lebih kuat dari jahitan. Jika Anda ingin membeli tas sehari-hari, pilih tas yang pegangannya dijahit.
- Semakin sedikit aksesori atau bagian-bagian tambahan pada tas, semakin baik karena ini berarti semakin sedikit hal yang harus dikhawatirkan akan rusak di tengah pemakaian.

Ketika membeli
- Saat Anda memutuskan untuk mencari tas untuk acara tertentu, kenakan pakaian yang setidaknya mirip dengan acara yang akan Anda hadiri. Misal, saat mencari tas untuk liburan, coba kenakan tank top saat membeli, pastikan bahwa bagian pegangannya cukup nyaman saat terkena kulit pundak. Atau tas untuk acara malam, pastikan Anda ingat dan bisa memvisualisasikan pakaian yang akan Anda kenakan dengan tas itu.
- Untuk mengetahui seperti apa rasa tas yang besar ketika penuh, masukkan tas yang Anda punya ke dalamnya, lalu lihat di kaca. Apakah tas baru tadi tidak kehilangan bentuknya ketika dalam kondisi penuh?
- Jangan lupa tes, bawa jalan dengan tas diapit lengan. Lihat apakah tas tersebut miring atau ketidaknyamanan saat Anda duduk atau saat akan dibuka retsletingnya. Mudah dibuka dengan satu tangan atau tidak?
- Pastikan Anda mendapatkan harga sesuai dengan kualitasnya. Cari tas yang bahan utamanya terasa dan terlihat kuat. Kantung yang mudah dibuka-tutup, tapi aman dan kuat, hingga ke bagian jahitannya. Termasuk kain pelapis bagian dalam yang mudah sekali robek jika terlalu tipis.

Merawat tas
- Jika Anda membeli tas kulit, rawatlah dengan baik. Sekitar beberapa bulan sekali, lap dengan cairan khusus pembersih bahan dari kulit. Jangan menimpa tas dengan barang lain karena akan membuatnya kehilangan bentuk.
- Untuk memastikan tas Anda mendapatkan perawatan terbaik, pastikan tas Anda dibersihkan atau diperbaiki di toko tas yang cukup baik reputasinya dan profesional.
- Jangan simpan tas tangan kulit di dalam plastik karena bisa lengket atau kering. Ketika akan disimpan, masukkan t-shirt yang sudah tak dipakai agar tas tak kehilangan bentuknya. Simpan dalam tas felt yang biasanya diberikan saat pembelian. Hilang? Gunakan saja seprei bantal, dan simpan dengan keadaan berdiri, tidak terhimpit benda lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com