Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari, 3-5 Perempuan Jadi "WTS"

Kompas.com - 11/08/2009, 12:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebenarnya kanker payudara bisa diatasi sedini mungkin begitu muncul gejalanya. Namun sayang, banyak pasien kanker payudara yang baru datang ke dokter setelah penyakitnya itu masuk stadium lanjut.

"Saya sedih sekali, satu hari minimal 3-5 WTS, wanita tanpa susu," kata patolog Lenny Sari, Kepala Instalasi Patologi Anatomik RS Kanker Dharmais (RSKD), di RSKD Jakarta, Selasa (11/8). Wanita tanpa susu yang dimaksud Lenny adalah perempuan yang diangkat payudaranya karena serangan kanker sudah tak dapat diobati lagi.

Menurut Lenny, kasus seperti WTS tidak perlu terjadi kalau para perempuan mawas diri terhadap tubuhnya. "Di saat mandi, kita bisa memeriksa payudara sendiri. Untuk perempuan produktif diharapkan memeriksakannya dengan menggunakan USG, mamografi," ungkap Lenny.

Selain itu, lanjutnya, kanker serviks (leher rahim) juga bisa dilakukan pendeteksian dini di Puskesmas. "Bahkan untuk kedua jenis kanker ini, RS Dharmais bersedia datang untuk memeriksa jika ada 30 perempuan berkumpul di suatu tempat," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com