Sabtu, 1 November 2014
7 Manfaat Lemak bagi Tubuh
Rabu, 19 Agustus 2009 | 16:37 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Kelelahan kronis bisa menjadi tanda lemak tubuh yang rendah.

KOMPAS.com - Kita biasanya akan merasa risih jika tubuh kita dihiasi lemak. Karena itu kita akan segera sigap mencari cara untuk mengenyahkan lemak -khususnya di bagian perut- dengan cara apa pun yang ditawarkan. Entah dengan minum teh diet, akupunktur, atau berolahraga. Memiliki massa tubuh yang ramping (otot-otot) akan membantu metabolisme yang tinggi, menjaga tulang tetap kuat, mencegah cidera, dan mengusir penyakit, termasuk osteoporosis, diabetes, artritis, sakit punggung, dan tekanan darah tinggi. Yang lebih penting lagi, tubuh yang ramping jelas lebih enak dilihat.

Namun perlu Anda ketahui, menjaga lemak tubuh tetap dalam kadar yang normal juga diperlukan. Lemak tubuh pada dasarnya dibutuhkan agar fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan normal dan sehat. Ada beberapa alasan lain mengapa kita harus tetap memelihara kadar lemak tubuh yang sehat.

1. Perlindungan. Lemak penting untuk melindungi tubuh kita, untuk membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin. 
2. Fungsi tubuh. Lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal. 
3. Penyerapan vitamin. Lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.
4. "Peredam kejut" pribadi. Lemak adalah mekanisme bantalan tubuh yang alami. Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital, dan menjaga sendi-sendi. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cidera yang potensial dialami saat bertanding. 
5. Struktur sel, kecantikan, dan pertambahan usia. Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang penting untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Meskipun kita rajin fitnes dan tubuh kita kencang, namun lemak tubuh yang sehat juga akan menjaga kita tetap terlihat feminin, tidak seperti Madonna yang membuat tubuhnya terlihat seperti laki-laki. 
6. Kesuburan. Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi. 
7. Energi dan daya tahan. Dengan memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat, kita bisa menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi.

Ada beberapa cara yang berbeda untuk mengukur kadar lemak tubuh, dan metode yang satu mungkin lebih akurat daripada metode lainnya. Namun setiap orang membutuhkan kadar lemak yang berbeda dari yang lain, sehingga akan lebih baik jika kita mengetahui kadar lemak yang sehat dalam range persentase tertentu. Jika Anda sudah berhenti menstruasi, atau jika Anda mudah terkena flu atau kelelahan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah kadar lemak tubuh Anda berada pada tingkat yang sehat.


BERITA LAIN: