Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Cemburu dengan Gaya Berkelas

Kompas.com - 26/08/2009, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Menurut pakar anthrolopogi biologis, Helen Fisher, cemburu adalah sifat yang sudah berurat akar, dan merupakan insting positif yang mempengaruhi kehidupan manusia maupun binatang. Cemburu yang berlebihan dapat mendorong pria, yang pada dasarnya setia, mengundurkan diri. Tak tahan dengan tindakan di luar nalar yang dilakukan oleh pasangannya. Demikian pula sebaliknya. Namun bila ditanggapi dengan bijak, rasa cemburu sebenarnya bisa membantu kita untuk memelihara keharmonisan hubungan, dan menyelamatkan hidup anak-anak.

Cemburu disebabkan oleh rasa insecure, khawatir bahwa pasangan akan berpaling kepada wanita lain. Rasa tidak aman ini tidak ada hubungannya dengan penampilan seseorang. Seseorang yang cantik dan seksi pun bisa merasakan insecure dalam hubungan. Meskipun begitu, agar tidak terlihat seperti perempuan insecure, kita perlu belajar bagaimana menghadapi rasa cemburu dengan gaya seorang Angelina Jolie. Coba simak tips dari Jodi Lipper dan Cerina Vincent, penulis How To Love Like A Hot Chick: The Girlfriend-to-Girlfriend Guide to Getting the Love You Deserve berikut ini.

1. Kendalikan diri Anda. Cemburu adalah perasaan yang alami, jadi jangan merasa diri tak berharga atau tak berdaya karenanya. Meskipun demikian, ingatlah untuk mengendalikan rasa cemburu itu, dan jangan biarkan Anda terus memata-matai si dia dengan membabi-buta.

2. Sampaikan pada pasangan. Hal ini mungkin akan terdengar desperate, tetapi penting bagi Anda untuk mengatakan kepada pasangan, "Sayang, kamu sampai kapan sih harus bekerja sama si anu itu? Aku kan kangen sama kamu...." Ingat, katakan hal ini dengan lembut dan merayu. Gaya menginterogasi dan mengintimidasi hanya akan membuatnya makin sering membebaskan diri dari Anda. Jika Anda mampu mengingatkan dia dengan cara yang membuatnya luluh pada Anda dulu, dia akan segera membuka lengannya untuk memeluk Anda.  

3. Balas perlakuannya. Kedengarannya manipulatif ya, selain kekanak-kanakan. Tetapi, sekali-sekali si dia memang harus diberi peringatan. Karena itu, Anda harus bersikap hati-hati. Jangan bertindak berlebihan saat flirting dengan orang lain. Salah-salah, Anda kehilangan kekasih, sedangkan sang gebetan juga mempermainkan Anda. Di lain pihak, pria juga seringkali kurang peka dengan sinyal dari kita. Cobalah sedikit akrab dengan pria yang dikaguminya, seperti atlet atau pemusik jenius. Hal ini agar dia bisa membayangkan mengapa melihatnya berdekatan dengan model atau presenter yang cantik membuat Anda gelisah.

4. Pandang wajah Anda di cermin. Ingatlah selalu dengan memperhatikan wajah Anda baik-baik, bahwa Anda adalah wanita cantik yang percaya diri. Kritikus paling hebat adalah diri kita sendiri. Benahi kekurangan-kekurangan kita, dan sadari apa kelebihan kita yang belum kita berikan kepada pasangan.

5. Jangan bersaing. Jika Anda belum bisa menemukan sesuatu yang lebih produktif untuk melampiaskan rasa cemburu, bergegaslah ke gym, lalu ambil sesi aerobik, atau apa pun yang dapat mengeluarkan seluruh energi negatif dalam diri Anda. Jika Anda sudah merasa lebih segar, lebih sehat, lebih nyaman, Anda tak akan perlu mengkhawatirkan teman-teman wanita kekasih Anda lagi. Keep your head up, and have some fun with your guy friends.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com