Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambahkan Jamur Pada Menu Anda

Kompas.com - 30/08/2009, 06:12 WIB

KOMPAS.com - Selama berabad-abad, masyarakat dunia telah mengenal jamur untuk membantu menambah imun tubuh. Para peneliti baru-baru ini menemukan alasannya. "Studi menunjukkan bahwa jamur yang aman untuk dikonsumsi bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Peningkatan aktivitas ini membuat sel darah putih lebih agresif. Ini adalah hal yang baik ketika tubuh Anda terkena infeksi," terang Douglas Schar, direktur Institute of Herbal Medicine di Washington.

Jamur yang saat ini sudah banyak di pasaran, seperti shiitake dan maitake dipercaya memiliki kandungan terbanyak untuk menambah kekebalan tubuh seseorang. Lagipula, jamur-jamur ini mudah dikonsumsi. Bisa digunakan sebagai tambahan saat akan mengkonsumsi pasta, dimasak dengan sedikit minyak, tambahkan telur orak-arik, atau ditambahkan di atas pizza. Schar menambahkan, Anda bisa mengkonsumsinya dengan dibakar sekalipun, jamur masih memiliki kandungan yang baik untuk imun tubuh.

Apalagi saat berpuasa di cuaca yang seperti ini. Ketika kekebalan tubuh sedang turun, jamur bisa membantu menambah tubuh agar lebih kuat. Jadi, jangan lupa menambahkan jamur pada menu sahur besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com