Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membeli Sepatu

Kompas.com - 04/09/2009, 16:56 WIB

KOMPAS.com - Kaki memiliki fungsi yang cukup utama dalam keseharian kita. Sudah selayaknya ia mendapatkan perhatian dengan dijaga kesehatannya. Tak hanya dijaga kebersihan dan kecantikannya, kesehatan dalam arti pemilihan alas kaki yang tepat juga perlu. Berikut tips memilih alas kaki yang tepat untuk dikenakan sepanjang hari yang penuh aktivitas.

* Usahakan untuk memilih sepatu di sore hari atau malam hari. Saat ini adalah ketika kaki kita mengalami bentuk terbesar, karena kaki akan menopang tubuh seharian, dan cenderung membengkak. Dengan begini, ketika Anda jadi memilih sepatu tersebut, tidak akan terasa sakit jika dipakai seharian.

* Namun, jika akan membeli sepatu olahraga, usahakan untuk membawa kaus kaki olahraga yang bahannya tebal untuk digunakan saat pengepasan.

* Jangan segan untuk mengukur kaki. Biasanya, di toko sepatu olahraga, ada alat pengukur kaki. Cobalah untuk mengukur kaki Anda sesekali. Seiring bertambahnya usia, kaki seseorang cenderung berubah bentuk, umumnya jadi datar. Berjalan sekian lama juga akan memengaruhi bentuk kaki.

* Belilah sepatu yang sesuai ukurannya. Alas kaki yang terlalu sempit bisa menyebabkan banyak masalah. Beberapa tahun lalu, studi yang dilakukan oleh badan bernama American Podiatric Medical Association menyatakan, kebanyakan masalah kaki yang diderita wanita diakibatkan oleh sepatu yang dikenakan terlalu kecil.

* Pastikan ada banyak ruang kosong. Anda perlu ruang, setidaknya setebal jari dari ujung jari terluar. Ingatlah, untuk mencoba sepatu sambil berdiri, jangan sambil duduk.

* Biasakan menggunakan sepatu yang Anda ingin beli tersebut beberapa saat. Coba berjalan dengan kedua sepatu tersebut beberapa langkah. Sepatu yang ingin dibeli harus nyaman di kedua kaki. Karena umumnya, bentuk kaki kiri dan kanan bisa berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com