Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tren Bantalan Bahu Lebih "Wearable"

Kompas.com - 28/09/2009, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah mendengar bahwa pakaian yang menggunakan bantalan pada bahunya (shoulder pads) ngetren lagi. Setidaknya, ngetren di kalangan selebriti Hollywood. Pakaian, khususnya blazer, dengan bantalan bahu dipopulerkan oleh para pemain serial Dynasty yang ditayangkan tahun 1980-an. Ganjalan pada bahu membuat tubuh pemakainya terlihat lebih tegap, merampingkan pinggang, selain menjadi semacam pernyataan sikap sang pemakai. Bahwa ia seseorang yang berpengaruh, memiliki power.

Bantalan bahu yang sedang populer sekarang memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Bentuknya lebih ramping, dengan ujung yang meruncing ke atas. Shoulder pads ini juga tidak melulu dipakai untuk jaket atau blazer, tetapi juga atasan dan gaun.

Jennifer Connelly tercatat sebagai orang pertama yang mengenakan gaun dengan bantalan bahu, yaitu ketika menghadiri premier film He's Just Not That Into You di Los Angeles, 3 Februari lalu. Sayangnya, penampilan Connelly justru dicaci-maki. Beberapa hari kemudian (11/2), Gwyneth Paltrow muncul dengan jas tuxedo satin putih dengan shoulder pads saat menghadiri 14th Annual Unforgettable Evening yang diadakan oleh Entertainment Industry Foundation’s Women’s Cancer Research Fund. Gaya Paltrow cukup menyita perhatian, bahkan tak mengundang caci-maki seperti Connelly.

Victoria Beckham justru dianggap sebagai orang yang mempopulerkan tren ini, meskipun dilaporkan baru memakainya pada bulan April 2009. Ia mengenakan jaket kulit Balmain dengan shoulder pads, seharga 4.050 dollar. Ia beberapa kali terlihat mengenakan jaket yang sama untuk acara-acara kasualnya bersama keluarga. Jaket itu dipakainya dengan legging, skinny jeans, juga tie dye jeans-nya. Ia masih mengoleksi beberapa pakaian berbantalan bahu lain, tak terkecuali gaun Alexander McQueen berwarna kelabu (foto 2).

Selain Beckham, tokoh lain yang dikenal sangat fashionable dan gencar mempopulerkan tren ini adalah Rihanna. Tak terhitung berapa koleksi jaket shoulder pads-nya, dari yang berbahan denim dan kulit, kaus lengan panjang, atasan dari lace, bahkan busana yang baru diperagakan di runway juga langsung dipakainya. Pendek kata, dari blazer yang membuatnya terlihat chic, hingga membuatnya terlihat seperti tukang sulap.

Melihat berbagai gaya yang ditampilkan para selebriti ini, tak bisa disangkal bahwa tren bantalan bahu tak bisa dipakai secara mentah-mentah oleh siapa saja. Si pemakai haruslah orang yang percaya diri, karena sikap dan postur tubuh amat menentukan keindahannya. Bila Anda tertarik mengenakan atasan atau jaket dengan bantalan bahu, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Cara Rihanna memakainya bisa menjadi inspirasi Anda.

Do
* Masukkan atasan ngepas badan dengan ukuran pads yang sedang ke dalam rok pensil atau celana panjang Anda. Lihat contohnya pada foto 1 kiri, dimana Rihanna mengenakan atasan Balmain putihnya yang seharga 1.330 poundsterling itu.
* Kenakan atasan shoulder pads dengan gaun mini yang pas di badan, karena akan membuat penampilan terlihat chic.
* Kenakan bantalan bahu untuk jaket dengan gaya militer, karena akan menonjolkan unsur militer tersebut.
* Gunakan bantalan dengan bentuk yang natural untuk cropped jacket sebagai penutup kaus dan jeans. Jaket kulit akan menambah kesan '80s, sedangkan jas dari wol dengan bantalan yang tak terlalu besar juga masih dapat diterima.
* Pakailah bantalan bahu pada bahan yang cenderung tidak menempel terlalu kuat pada tubuh, atau terlalu stretch.

Don'ts
* Jangan menggunakan bantalan yang terlalu besar sehingga Anda bisa memakainya sebagai bantal. 
* Jangan memilih bantalan dengan bentuk yang aneh, seperti yang dikenakan Rihanna pada foto 3 (kanan). 
* Tak usah mengenakan bantalan yang bentuknya terlalu runcing. Anda hanya akan terlihat seperti salah satu tokoh Star Trek. 
* Jangan memadukan atasan berbantalan bahu dengan tren '80s lain. 
* Pasang bantalan bahu pada atasan yang pas di badan, bukan yang longgar. Anda akan makin tenggelam di balik pakaian tersebut. 

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda ingin mengikuti tren pakaian berbantalan bahu ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com