Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamer Tato Melalui Gaya Berpakaian

Kompas.com - 07/10/2009, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda pernah menonton acara Miami Ink, atau LA Ink, di jaringan televisi kabel, pandangan Anda tentang tato mungkin akan berubah. Tak hanya pria yang menorehkan tato di anggota tubuhnya, melainkan juga wanita. Tato juga tidak lagi memberi kesan sangar. Dalam acara itu, pria atau wanita yang ingin ditato selalu ditanya, apa yang mendasari keinginannya membuat tato, dan mengapa memilih gambar tertentu. Dari sisi pembuat  tatonya, Anda akan menyadari bahwa tato sesungguhnya pekerjaan seorang seniman. Tato adalah seni.

Karena tato adalah suatu pernyataan atau ekspresi diri, tak jarang wanita memilih pakaian yang memungkinkan dirinya memamerkan tato tersebut? Coba lihat Angelina Jolie (foto 1, kiri). Tak kurang dari 13 tato sudah dimilikinya, termasuk di antaranya tato di lengan kiri berisi informasi lokasi longitudinal dan latitudinal dari tempat kelahiran tiga anak adopsinya dan satu anak kandungnya. Di bagian punggung terlihat sepotong doa dalam bahasa Khmer sebagai penghargaan untuk anak sulungnya yang asal Kamboja, Maddox. Di leher belakangnya melintang tato bertuliskan "Know Your Rights", sedangkan di punggung bawahnya terdapat tato macan Benggala yang dibuat di Bangkok, Thailand.

Pada gambar 1 juga terlihat Rumer Willis, putri Bruce Willis dan Demi Moore, mengenakan gaun yang menampakkan bagian tubuh kirinya yang dihiasi tato bertuliskan "Be Present".

Bagian leher tampaknya merupakan lokasi favorit para wanita yang ingin membuat tato. Memang, siapa yang tak bergairah menyaksikan leher mulus yang jenjang, dan dihiasi tato yang unik? Rihanna dan Victoria Beckham (foto 2), contohnya. Jika Rihanna memilih tato bergambar jajaran bintang, Beckham menuliskan kalimat dalam bahasa Ibrani yang artinya, "I am my beloved's, and my beloved is mine". Tentu, dengan memotong pendek rambut mereka, baik Ri maupun Beck akan mudah memperlihatkan tato mereka. Kepada siapa tato itu ditujukan, hm... tebak sendiri saja.

Kaki yang jenjang, apalagi jika dihiasi dengan sebentuk tato, juga membuatnya terlihat indah. Mudah pula memperlihatkannya, selama kita tidak memakai celana panjang. Drew Barrymore sudah sejak lama dikenal memiliki tato di betis kanannya yang menampakkan gambar salib dengan elemen bunga-bungaan. Begitu pula dengan Nicole Richie dengan tato rosario yang melingkar di pergelangan kaki kirinya (foto 3).

Tato yang sangat khas juga bisa ditemukan pada bagian dada rapper Eve (foto 4). Tato bergambar cakar harimau di kiri-kanan dadanya ini dilaporkan banyak ditiru orang, meskipun belum ada yang menjiplaknya sama persis. Sementara itu, Mena Suvari memperlihatkan tato bertuliskan angka 13 di atas tulang iganya. Tampaknya, bintang American Beauty ini ingin menunjukkan bahwa ia tidak percaya angka sial tersebut. Meskipun tato terpasang di dada, Mena tergolong jarang mengenakan pakaian yang terbuka di bagian tersebut.

Urusan menorehkan tato di bagian dada, yang bagi sebagian selebriti mungkin dianggap seksi, ternyata justru dihindari oleh Kat Von D, seniman tato yang muncul baik di Miami Ink dan LA Ink. Wanita yang sekujur tubuhnya dipenuhi tato ini mengatakan, tak bakal memasang tato di dadanya. Ia tak mau memberi kesempatan lawan jenisnya untuk menatap dadanya. "Kontak mata itu penting buat saya, dan punya payudara saja sudah susah. Ketika kita berbicara dengan orang lain, dan memiliki tato yang cantik di bagian dada, (tato itu) pasti akan langsung mengalihkan perhatiannya. Tetapi memang, banyak wanita yang terlihat sangat cantik dengan tato di dadanya," ujarnya.

Ini baru namanya punya sikap!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com