Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksesoris Sebagai Cerminan Kepribadian

Kompas.com - 14/11/2009, 17:19 WIB

KOMPAS.com - Bagi pencinta fashion, perhiasan merupakan syarat mutlak dalam gaya. Pemilihan aksesoris yang tepat sangat penting untuk mencerminkan diri si pemakainya.

Jika Anda pernah menyaksikan acara reality show yang mencari desainer berbakat, Project Runway, Anda pasti tak akan asing dengan nama Tim Gunn. Dalam acara tersebut, ia adalah seorang mentor, namun sehari-harinya merupakan seorang konsultan fashion dan kepala kreatif di Liz Claiborne. Menurutnya, selain pakaian, salah satu elemen terpenting dalam penampilan seseorang adalah aksesoris.

Yang dimaksud aksesoris dalam pandangan Gunn adalah tambahan perhiasan yang cantik, tapi cukup terjangkau, dan harus dapat memberikan tambahan pemanis pada seluruh penampilan. Pikirkan aksesoris yang Anda pilih bukan hanya sebagai refleksi selera Anda, tapi sebagai tanda mengkomunikasikan siapa diri Anda. Yang penting diingat untuk mendapatkan gaya dalam berpakaian yang terbaik adalah; siluet, proporsi, dan ukuran. Hubungan antara perhiasan (aksesoris) dan pakaian Anda harus memiliki hubungan harmoni dan keseimbangan. Namun, jangan sampai Anda mengenakan anting-anting dan kalung yang satu set, karena Anda akan terlihat lebih berumur dari umur Anda sebenarnya.

 Gelang

Ada beberapa tipe gelang yang bisa Anda kenakan. Misal, tipe gelang cuff, yang bentuknya lebar dan cenderung tebal. Manis jika dipadankan dengan kaus lengan panjang pas tubuh. Tipe gelang yang seperti ini cocok untuk mereka yang memiliki kepribadian berani dan senang menunjukkan siapa dirinya. Tipe lainnya; bangles merupakan tipe gelang tipis, biasanya dikenakan bertumpuk dan dijadikan satu.

Cincin

Seperti gelang, cincin pun punya beberapa tipe. Ada cincin yang merupakan tanda pengikat pernikahan atau pertunangan, juga cincin untuk bergaya. Cincin untuk bergaya, umunya besar dan cenderung untuk sebuah statement gaya si pemakai, tapi tak perlu berlebihan.

Kalung

Pemilihan kalung sebaiknya disesuaikan dengan kerah baju yang Anda kenakan. Untuk baju berkerah tinggi, seperti turtleneck, bisa kenakan kalung panjang (yang bisa menggelayut hingga perut Anda), buatlah dalam beberapa lapisan. Sementara untuk garis leher yang turun, cocok dipadankan dengan kalung sedada (sekitar 43-48 cm, dinamakan pula dengan princess style). Sementara untuk baju tanpa tali/kemben, cocok dipadankan dengan kalung tipe choker (yang memeluk leher) atau tipe princess style. Sementara untuk baju halterneck atau satu tali, sebaiknya tidak menggunakan kalung, karena bagian kerah leher baju tersebut sudah menarik perhatian.

Jam tangan

Pemilihan tipe jam tangan sangat personal. Ada sebagian orang yang lebih memilih ukuran besar, sementara sebagian lainnya lebih memilih yang ukurannya sangat kecil. Namun, perlu dipikirkan saat akan membeli jam tangan berukuran besar, karena cenderung hanya bisa dikenakan saat santai atau semi formal. Jika Anda tertarik untuk mencari jam tangan yang cocok dikenakan di siang dan malam hari, carilah jam tangan berukuran kecil dan cocok untuk acara formal.

Anting

Anting yang cukup universal untuk dikenakan ke mana pun dan kapan pun adalah giwang. Namun, usahakan ukuran lingkarannya tidak lebih dari 0.5 cm. Jika Anda ingin berinventasi, Gunn menyarankan untuk membeli anting mutiara ketimbang berlian. Anda akan mendapati bahwa kualitasnya 75 persen lebih murah ketimbang berlian. Mutiara yang asli memiliki faktor kemewahan yang lebih, ketimbang berlian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com