Rabu, 22 Oktober 2014
Home / /
CITRA PARIWARA
Industri Periklanan Semakin Kreatif
Senin, 23 November 2009 | 03:28 WIB
|
Share:

Jakarta, Kompas - Dunia periklanan kembali menggelar penghargaan iklan nasional Citra Pariwara. Acara tersebut diselenggarakan oleh Perusahaan Persatuan Periklanan Indonesia (PPPI) di Jakarta, Jumat (20/11) malam.

Ketua Umum PPPI Harris Thayeb mengatakan, penjurian yang dilakukan selama dua hari dua malam menunjukkan industri periklanan semakin berkualitas dan kreatif.

Penghargaan Citra Pariwara, ujar Harris, menjadi ajang kreativitas dunia periklanan. Penghargaan Citra Pariwara 2009 mengangkat tema ”It’s Time to Kill Your Old Tricks”.

Penghargaan ini dibuka dengan permainan perkusi yang dipadu alat musik tradisional dan disc jockey muda. Umumnya, acara ini dihadiri sebagian besar orang-orang muda.

Ketua Panitia Citra Pariwara 2009 Ricky Pesik mengatakan, ”Penghargaan ini merupakan kerja kolektif dari berbagai biro iklan”.

Citra Pariwara ini, ujar Ricky, merupakan sinyal bagi mereka yang bergelut di industri periklanan dan industri kreatif untuk segera menyadari paradigma dan teknik lama yang sudah saatnya dikubur. ”Ini perlu, bila kita ingin terlibat dan berperan dalam dunia baru,” tuturnya.

Harris menambahkan, sejak tahun 2006, Citra Pariwara telah mengoreksi serta menyempurnakan diri menjadi Advertising Festival.

Penjurian, kata Harris, mendapat perhatian yang sangat khusus dengan sasaran akhir meningkatkan kualitas output Citra Pariwara agar diakui di ajang regional maupun internasional.”

Penerima penghargaan 

Peraih penghargaan Citra Pariwara untuk BG 2009 (khusus siswa dan mahasiswa) adalah Aldi Dwi Wahyudi dan Rebrian Adi Putra dari ITB sebagai pemenang ketiga.

Tulus Ciptadi dan Chyntia Monica Fabella sebagai pemenang kedua dan Fachrul Rizal dan Jefri dari Institut Teknologi nasional (Itenas) Bandung sebagai pemenang pertama.

Adapun untuk kategori kriya materi cetak tidak ada pemenangnya. Sementara kategori utama pariwara nonkonvensional/inovatif materi penunjang adalah Bookens Kinokuniya Bookstore.

Daun Muda Award 2009 diraih Aryanto Salim dan Pancaputra (Perwanal Saatchi&Saatchi). Kategori Young Film Director Award diraih iklan 1000:1 (Randy Rizki Hertyanto) sebagai pemenang ketiga dan Lonely Cat (Rangga Kusmalendra) sebagai pemenang kedua dan Inversion (Kevin Terahadi) sebagai pemenang pertama.

Kategori Utama Nonkonvensional/Inovatif Abient/Guerilla/Live Theater diraih Crawling Jakpetz Frontline Flea and Tick Spray dan Baldy-Fatty-Borrat sebagai pemenang ketiga.

Sementara itu, Box Project Indonesia sebagai pemenang kedua dan Flip Flop Bolbal Indonesia Unite sebagai pemenang pertama. (OSA)


BERITA LAIN: