Kamis, 23 Oktober 2014
Cara Menghitung Tanggal Kelahiran Bayi
Selasa, 24 November 2009 | 15:37 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Dengan mengetahui tanggal kelahiran si bayi, Anda bisa mempersiapkan diri lebih baik.

KOMPAS.com - Kapan Anda akan melahirkan, sebenarnya sudah dapat diketahui sejak pertama kali Anda mengetahui Anda sedang hamil. Bila Anda berkunjung ke dokter, dokter pun dapat menyampaikan pada Anda tanggal berapa bayi akan lahir berdasarkan tabel tanggal kelahiran yang dimilikinya. Anda mungkin tak memiliki tabel semacam ini, namun Anda tetap bisa memperkirakan dengan mudah kapan Anda akan melahirkan. Lewat bukunya, Kehamilan: Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan, Arlene Eisenberg, Heidi E. Murkoff, dan Sandee E. Hathaway membeberkan cara menghitung due date ini.

Tanggal kelahiran ini memang hanya bersifat perkiraan ilmiah, dan tidak selalu tepat untuk semua wanita. Menurut beberapa penelitian, hanya 4 dari 100 perempuan yang melahirkan pada saat yang tepat. Ini disebabkan terutama karena masa kehamilan normal yang penuh dapat berkisar antara 38 - 42 minggu, dan kelahiran dapat terjadi pada tenggang waktu dua minggu sebelum atau sesudah tanggal yang semestinya.

Inilah sebabnya mengapa istilah ilmiah untuk "tanggal kelahiran" dalam bahasa Inggris adalah EDD (Estimated Date of Delivery). Biasanya perhitungannya adalah sebagai berikut:

*Ambil tanggal dari hari pertama masa menstruasi normal yang terakhir, lalu tambahkan 7. Dari tanggal tersebut, hitung mundur tiga bulan, dan Anda mendapatkan tanggal harapan persalinan -satu tahun kemudian. Misalnya, katakanlah masa menstruasi Anda yang terakhir dimulai pada tanggal 24 Agustus. Tambahkan 7 pada angka 24, sehingga menjadi 31; kemudian hitung mundur tiga bulan. Maka EDD Anda adalah 31 Mei tahun 2010.

Bila menstruasi Anda terjadi teratur setiap 28 hari, maka besar kemungkinan Anda melahirkan dekat dengan tanggal yang telah diperhitungkan. Jika siklus menstruasi Anda lebih panjang dari 28 hari, kemungkinan Anda melahirkan lebih lama daripada EDD Anda. Begitu pun sebaliknya, jika lebih pendek maka kemungkinan lahir lebih awal.

Jika siklus menstruasi tidak teratur
Jika siklus Anda tidak teratur, cara perhitungan tanggal ini mungkin tidak berlaku bagi Anda. Misalnya Anda tidak menstruasi selama tiga bulan, dan tiba-tiba Anda hamil. Lalu kapan Anda mulai mengandung? Karena EDD yang dapat diandalkan memang penting, maka Anda dan dokter Anda harus mencoba untuk menemukannya. Bahkan bila Anda tidak dapat menentukan mulainya kandungan atau tidak menyadari masa ovulasi Anda yang terakhir (beberapa perempuan mengenali pelepasan telur melalui terjadinya kekejangan dan nyeri ringan yang berlangsung beberapa jam, atau getah vagina yang bening dan seperti serat), ada beberapa petunjuk yang dapat membantu.

 

Petunjuk yang pertama adalah ukuran rahim Anda, yang akan dicatat ketika dilakukan pemeriksaan dalam yang pertama. Ia harus sesuai dengan tahap dugaan dari kehamilan. Belakangan, baru didapat petunjuk-petunjuk lain yang secara bersamaan dapat menjadi ukuran usia kehamilan: pertama kali detak jantung janin dapat terdengar, saat tanda-tanda kehidupan mulai terasa (pada kira-kira minggu ke-20 sampai 22 pada bayi pertama, atau minggu ke-16 sampai 18 pada bayi selanjutnya); ketinggian fundus (puncak rahim) pada setiap kunjungan (misalnya, ia akan setinggi pusar pada kira-kira minggu ke-20).

Bila semua petunjuk ini tampak sesuai dengan tanggal yang diperhitungkan oleh Anda dan dokter Anda, maka Anda dapat memastikan bahwa kelahiran akan berlangsung tidak jauh dari tanggal itu -yakni sekitar dua minggu dari tanggal yang ditentukan. Tetapi bila tidak sesuai, dokter mungkin memutuskan untuk melakukan sonogram di suatu waktu antara minggu ke-12 dan 20 (beberapa orang menyatakan bahwa informasi terbaik akan terdapat di antara minggu ke-16 dan 20), yang dapat lebih tepat menentukan usia kandungan janin Anda. Beberapa dokter melakukan sonogram secara rutin, untuk mendapatkan tanggal yang seakurat mungkin.

Dengan semakin dekatnya saat kelahiran, akan terdapat petunjuk-petunjuk lain tentang tanggal kejadian besar ini: kontraksi yang tidak nyeri akan menjadi lebih sering (dan mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman), janin akan turun ke dalam rongga panggul (engagement), leher rahim mulai menipis dan memendek (effacement), dan terakhir, leher rahim mulai melebar. Tanda-tanda ini dapat membantu meskipun tidak pasti -hanya bayi Anda yang tahu dengan pati kapan hari ulang tahunnya kelak.

 


BERITA LAIN: