Selasa, 25 November 2014
Cara Menanam Jeruk Nipis
Minggu, 29 November 2009 | 14:04 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Pilih area yang terkena sinar matahari.

KOMPAS.com - Jeruk nipis memiliki banyak khasiat. Selain untuk penyedap pada berbagai jenis masakan, jeruk juga bisa dibuat obat. Misalnya, dicampur dengan kecap manis untuk menyembuhkan batuk. Karena kegunaannya itulah, banyak orang memilih menanam jeruk nipis sendiri di pekarangan rumah. Toh, tanaman ini tidak sulit dikembangbiakkan. Anda ingin juga menanam jeruk nipis? Ini caranya:

1. Bibit jeruk nipis dapat dikembangbiakkan dengan biji, sambung pucuk (okulasi), atau cangkok.

2. Tebarkan biji jeruk nipis tua ke permukaan pot yang tanahnya sudah digemburkan. Siram dua hari sekali. Hati-hati, jangan sampai airnya terlalu banyak. Biarkan kurang lebih dua bulan, sampai tumbuh tunas baru.

3. Pindahkan tunas bibit jeruk nipis ke pot atau polibek dengan diameter 20-25 cm. Letakkan di area yang terkena sinar matahari.

4. Setelah tingginya mencapai 50 cm, pindahkan ke pot atau polibek besar yang berisi campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang, siram. Letakkan di halaman yang terkena sinar matahari.

5. Jika ingin menanam di tanah, pilih area yang terkena sinar matahari. Gali tanah sedalam 25 cm (tergantung panjang akar), diamkan tanah galian selama 3-4 hari agar kadar asamnya berkurang. Tanam bibit tersebut ke dalam tanah, tutup lubang dengan tanah dan beri pupuk kandang. Siram.

(Melati/Majalah Sekar)


Editor :
din
BERITA LAIN: