Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengubah Dandanan Orangtua Murid ke Wanita Karir

Kompas.com - 01/12/2009, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Sebagai wanita karir sekaligus ibu dari anak usia sekolah, tentu Anda harus pandai berbagi waktu antara mengurus keperluan anak ke sekolah dan bekerja. Untuk menghadiri kegiatan anak di sekolah, Anda mungkin membutuhkan pakaian yang nyaman. Tak perlulah meniru Victoria Beckham yang memakai gaun mini dan platform shoes untuk menonton pertandingan bola anaknya.

Jika Anda seorang ibu yang bekerja, yang Anda perlukan adalah pakaian dasar yang dapat membuat Anda segera siap beralih ke kantor. Kunci untuk peralihan dari kegiatan sekolah ke kegiatan kantor ini adalah menjaga keseluruhan penampilan terlihat simpel. Baju terusan akan jauh lebih terlihat kasual jika dikenakan bersama sepatu datar, mantel rajut, dan belt berukuran lebar. Saat akan ke kantor, ganti saja sepatu datar dengan court shoes dan kardigan yang chic, sehingga Anda segera siap menghadiri business meeting.

Rok pensil dapat dibuat lebih santai dengan memadukannya dengan bahan rajut warna pastel untuk menutup kemeja putih yang rapi. Jika Anda akan langsung berangkat ke kantor sesudahnya, ganti rajutan dengan trench coat yang klasik untuk memberi kesan stylish dan smart.

Jenis pakaian yang perlu Anda simpan untuk memudahkan peralihan ini adalah kardigan rajut, atasan dari bahan jersey, dan kardigan cashmere. Dengan itu, Anda bisa me-mix and match untuk menciptakan penampilan yang lebih rileks. Jangan lupa menambahkan aksesori seperti tote bag yang memuat banyak barang untuk ke kantor, termasuk high heels untuk mengganti sepatu datar Anda. Perhiasan lain yang simpel juga diperlukan untuk melengkapi pakaian bergaya klasik dan rileks, contohnya gelang bangle dan cocktail ring.

Untuk contohnya, coba lihat gambar berikut. 

Gaya 1. Untuk mengantar anak ke sekolah, padankan celana bahan Anda yang berwarna biru tua dengan kaus lengan panjang dengan motif garis-garis, tas berwarna krem, dan stilleto hitam. Lengkapi dengan aksesori seperti kalung dan bangle keemasan. Penampilan Anda tidak akan terkesan mengintimidasi ibu-ibu lain yang merupakan ibu rumah tangga.

Untuk ke kantor, ganti jumper bergaris Anda dengan tank top, dan lengkapi dengan blazer ngepas badan berwarna kelabu. Untuk finishing-nya, kenakan kalung manik-manik.  

Gaya 2. Saat menghadiri pertemuan orangtua murid dan guru, Anda bisa mengenakan celana 7/8 berwarna gelap, atasan dengan aksen rimpel di bagian depan, dan jaket ngatung berleher bulat. Jangan lupa membawa tas bertali pendek, dan lengkapi dengan cincin batu dan sepatu datar bermotif kulit binatang. 
 
Untuk ke kantor, kenakan jaket yang sama untuk membungkus dalaman warna kelabu dan rok pensil biru tua. Kenakan pumps dari bahan beludru warna kelabu, tas kerja warna coklat, dan kalung dengan liontin besar.

Gaya 3. Anda bisa mengenakan rok pensil yang sama untuk ke sekolah maupun ke kantor. Rok pensil bermotif plaid warna kelabu bisa Anda padukan dengan jumper warna lila, kardigan rajut warna krem, tas, dan sepatu datar warna hitam. 

Untuk kesempatan lebih formal di kantor, ganti jumper Anda dengan atasan putih berleher V, pumps, dan bangle warna silver. Udara yang mulai dingin dan hujan juga memberi kesempatan Anda untuk makin gaya. Tambahkan saja trench coat warna khaki untuk menahan dingin.

Gaya 4. Baju terusan ternyata juga bisa memberi gaya yang berbeda. Untuk ke sekolah, shift dress tanpa lengan warna kelabu ini bisa Anda kombinasikan dengan jumper lengan panjang warna beige dan kardigan rajut warna biru tua, lalu ikat dengan belt kulit coklat tua. Flat shoes dan tas besar membuat Anda mampu membawa banyak barang di dalamnya.

Dress yang sama bisa Anda kenakan untuk ke kantor. Tutup dengan kardigan dari cashmere dengan aksen putih pada tepinya, bangle, clutch, dan pumps. Simpel, tetapi menciptakan penampilan yang segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com