Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Bagian-bagian Daging Sapi

Kompas.com - 25/12/2009, 13:50 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin mengenal daging sapi jenis sirloin, tenderloin, ribs, kaki, atau buntut. Namun bagian-bagian sapi sebenarnya lebih banyak daripada yang telah disebut tadi, tergantung menu apa yang sedang Anda siapkan. Jika Anda berniat memasak daging sapi untuk sajian perayaan Natal atau tahun baru bersama keluarga atau teman-teman, coba kenali dulu bagian-bagian sapi ini berikut cara memasaknya.

Daging giling
Jika ingin memilih daging giling yang segar, perhatikan variasi warnanya. Jika tertembus udara melalui plastik pembungkusnya, permukaan daging mungkin akan terlihat merah cerah, tetapi bagian dalamnya terlihat merah keunguan. Warna daging akan menjadi kecoklatan jika terpapar udara lebih lama. Perubahan warna ini normal saja, dan daging akan tetap segar dan aman dikonsumsi sebelum masa expire-nya.

Daging steak
Kebanyakan daging steak yang empuk biasanya dari tengah (iga, pinggang, dan bagian punggung) sapi, dan biasanya dimasak dengan panas kering (di-oven, dipanggang, atau dibakar).

Daging steak premium, seperti strip (punggung atas), T-bone, Porterhouse, ribeye, ribs, dan tenderloin (pinggang tengah, di bawah sirloin), biasanya lebih mahal. Namun Anda juga bisa menemukan daging yang empuk dengan harga yang lebih murah, seperti bagian pundak, sirloin (bagian pinggang hampir ke bokong), tulang belikat bagian atas, dan mata.

Daging steak yang tidak begitu empuk biasanya ada di kaki depan dan kaki belakang sapi, dan harus dimasak dengan panas basah (direbus atau ditumis) untuk membuatnya empuk. Bagian ini biasanya dari bagian bokong, bokong tengah dan bokong bawah; potongan antara leher sampai bahu, lengan dan tulang belikat; dan pinggul. Untuk membuatnya empuk, masak dengan panas kering dengan bumbu cair.

Kaki sapi
Kaki depan dan kaki belakang sapi merupakan bagian yang lebih alot, karena berisi jaringan otot yang saling berhubungan. Untuk membuatnya empuk, daging harus direbus meskipun butuh waktu lama. Hasilnya, daging memang mudah diiris dengan garpu. Pengolahan secara slow cooking juga membuat cita rasanya lebih gurih. Biasanya daging dimasak ke dalam clay pot atau kuali dengan sedikit air berikut bumbu-bumbunya. Selain kaki, bagian pundak yang lebih berlemak juga dapat dimasak dengan cara ini.

Sandung lamur
Yang dimaksud sandung lamur adalah potongan tanpa tulang dari bagian dada, atau di atas kaki depan. Cobalah memasaknya dengan cara merebus atau menumisnya. Daging bagian ini juga biasa diasinkan dan dimasak dengan panas tinggi, untuk diproses menjadi kornet. Bagian-bagian tertentu yang tidak berlemak cocok dimasak sebagai tumisan. Bila tak suka lemaknya, Anda bisa membuangnya setelah proses memasak selesai. Sebab, lemak ini menambahkan cita rasa dan keempukannya.

Daging tumisan
Jika Anda berniat membuat tumisan daging, sebaiknya iris daging dalam ukuran yang sama supaya matang merata. Daging yang sudah diiris dalam ukuran sama seperti ini bisa Anda beli di supermarket. Hampir semua daging yang empuk, seperti sirlon, top sirloin, tri-tip, ribeye, punggung atas, atau tenderloin, bisa dipotong-potong membentuk irisan tipis panjang atau dadu. Bahkan bagian daging yang tidak begitu empuk pun bisa ditumis. Rahasianya: simpan dulu daging di freezer selama 30 menit, agar lebih mudah diiris tipis-tipis.
 
Daging rebusan
Daging yang dimasak untuk sup biasanya berasal dari bagian yang tanpa tulang, seperti pundak atau bokong. Jika Anda ingin memotong daging sendiri, pilih semua bagian pundak atau bokong, kecuali bokong bagian atas (dekat ekor). Daging bisa dipotong dadu sebesar 1 x 1cm. Buang bagian lemaknya jika Anda tak menginginkannya.

Daging kebab
Salah satu sajian yang bisa Anda siapkan untuk acara barbeque adalah kebab daging sapi. Potong daging menjadi dadu dengan ukuran 1 cm. Pilih daging sirloin atau bokong. Potongan dadu dari bagian bokong bisa dibuat empuk dengan bumbu cair. Top sirloin (lapisan di bawah tenderloin) atau tenderloin juga bisa dipakai untuk kebab. Agar lebih menarik, tusukkan daging sapi, sayuran, paprika, atau buah nenas ke setiap tusuknya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com