Sabtu, 25 Oktober 2014
Memotong Poni Sendiri, Yuk!
Jumat, 8 Januari 2010 | 10:14 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Sebaiknya potong rambut saat rambut dalam keadaan kering.

KOMPAS.com - Poni bisa membuat penampilan Anda terlihat seksi. Tetapi ketika poni ini semakin panjang menutupi wajah -entah poni model Dora atau poni shaggy- Anda pasti jadi gerah sendiri. Jika Anda kelewat sibuk untuk mampir ke salon langganan sekadar untuk memotong poni, berani enggak memotong poni sendiri?

Bila Anda cukup berani untuk mencoba, silakan ikuti langkah-langkah dari beauty.about.com ini. Yang Anda perlukan hanya gunting yang tajam, dengan panjang tak lebih dari 12 cm. Anda bisa membeli gunting semacam ini di supplier peralatan salon. Waktu yang Anda perlukan untuk trimming poni ini hanya sekitar 10 menit. Siap mencoba?

1. Potong rambut saat rambut Anda kering. Jika Anda memotong rambut dalam keadaan rambut basah, rambut akan mengkerut ketika kering, sehingga akan terlihat lebih pendek. Kalau Anda biasa mem-blow dry poni, aplikasikan dulu styling gel, baru mengeringkannya. Jika Anda tak suka mem-blow dry, keringkan saja secara air dry (tanpa disisir dulu).
   
2. Dengan menggunakan sisir, pisahkan poni yang belum akan dipotong. Anda bisa memisahkan rambut lainnya dengan jepit rambut, dan biarkan poni yang akan dipotong tergerai.
   
3. Bagi poni menjadi dua menggunakan styling comb (dengan gigi tipis). Ambil satu sisi, dan sisir poni ke bawah dengan gigi sisir menghadap keluar. Tempelkan sisir pada tulang alis. Jangan memotong poni lebih pendek daripada letak sisir pada tulang alis Anda.
   
4. (Lompat ke langkah 5 jika poni Anda model shaggy yang membentuk wajah) Mulailah memotong rambut dengan sudut 45 derajat. Tak perlu terburu-buru, pastikan potongan Anda rapi. Jangan memotong poni dalam posisi lurus, karena tidak mungkin menjaga garis tetap lurus.
   
5. Jika poni Anda shaggy yang membentuk wajah, tinggalkan gunting Anda, dan gunakan pisau cukur dengan satu silet yang baru (gunting lebih licin dan membuat potongan kurang rapi). Menurut hairstylist Chris McMillan, menggunakan pisau cukur jauh lebih baik hasilnya daripada gunting. Untuk mulai memotong rambut, tarik poni dengan jari telunjuk dan jari tengah Anda. Geser jari ke arah ujung rambut, lalu potong rambut sejauh di atas jari Anda.
   
6. Ulangi proses ini untuk bagian rambut satunya.
   
7. Jika poni Anda terlalu lebat, Anda bisa menambahkan layer. Ambil sebagian poni di antara dua jari, lalu tarik rambut ke atas kepala. Geserkan jari ke atas ke ujung rambut, dan biarkan sejumlah rambut terjatuh. Turunkan jari Anda sepanjang sekitar 2 cm ke bagian rambut, lalu potong paling banyak 1 cm di atas jari Anda.
   
8. Jika poni Anda memiliki layer yang panjang, pastikan panjangnya sama dengan menarik sejumput rambut di sisi kiri-kanan kepala ke arah tengah wajah. Kedua sisi rambut harus berjarak sama dari pangkal hidung, begitu saran McMillan.

Tips:
Ketika men-trimming poni, usahakan memotong ke arah atas. Cara ini akan memastikan bahwa guntingan tidak seimbang tidak akan begitu kentara. Selain itu rambut Anda akan terlihat shaggy alami.


Penulis :
Felicitas Harmandini
Editor :
din
BERITA LAIN: