Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Medis untuk Stretch Mark

Kompas.com - 23/01/2010, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Stretch mark, atau biasa disebut kulit jeruk, bisa terjadi pada siapa saja. Perempuan biasa mengalami hal ini jika menerapkan yo-yo diet, olah raga yang berlebihan, dan tentunya ketika berat badan bertambah saat hamil. Bagian yang bergurat-gurat putih biasanya ada di bagian paha (dekat lipatan paha), di bagian dalam lengan atas, bokong bagian samping, betis bagian dalam, perut, pinggang belakang, dan ketiak (umumnya dekat lipatan tubuh).

Pertanyaannya, apakah memang ada cara dan pengobatan yang bisa mengatasi secara efektif dan menghilangkan stretch mark selamanya?

Mungkin sebelumnya Anda perlu mengenali dulu jenis stretch mark. Menurut ahli dermatologi Bruce Katz, direktur Juva Skin and Laser Center, ada stretch mark merah dan putih. Untuk stretch mark berwarna merah, bahan Retin-A yang digunakan akan memberikan efek menyamarkan dan mengurangi warna kemerahan dengan metode mengerutkan pembuluh darah (stretch mark terjadi karena pelebaran pembuluh darah).

Ketika warna kemerahan sudah menghilang, maka stretch mark akan berubah menjadi putih (menyamarkan sesuai warna kulit). Namun sayangnya, tidak ada lotion atau krim yang bisa membantu menghilangkan stretch mark secara permanen.

Untuk menghilangkan secara permanen, Dr Katz menyarankan untuk menggunakan perawatan dengan cara dual laser di klinik-klinik kecantikan. Dual laser adalah kombinasi dari sinar yang bisa merangsang pertumbuhan sel-sel baru (kolagen) sehingga kulit lebih kenyal dan juga merangsang pertumbuhan serat elastis di tempat tumbuhnya stretch mark.

Setelah 3 sampai 5 kali pengobatan, warna kemerahan akan makin halus dan tahap demi tahap akan menghilang. Atau, setidaknya akan banyak berkurang. Sedangkan untuk stretch mark yang putih hanya bisa dihaluskan saja permukaannya (menyamarkan dengan warna kulit).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com