Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baiknya Mengukus Sayuran Berapa Lama?

Kompas.com - 28/01/2010, 14:20 WIB

KOMPAS.com - Mengukus, merupakan metode pemanasan makanan dengan menggunakan uap air yang dipanaskan di bagian bawah sayuran (sayuran tidak berada di dalam air). Mengukus memberikan kehangatan pada sayuran yang baik untuk sayuran. Tak seperti merebus sayuran, mengukus bisa memberikan sensasi lebih renyah dan tidak membuat sayuran kelewat matang.

Dalam mengukus, waktu persiapannya berbeda dari masing-masing jenis sayuran, tergantung dari ukurannya juga. Untuk sayuran yang ukurannya besar, akan butuh waktu lebih lama, tambahkan air seperlunya. Secara umum, tanda sayuran yang dikukus sudah matang ketika sudah lembut dan cukup lunak, tapi tidak terlalu lembek.

Berikut adalah perkiraan waktu untuk mengukus beberapa jenis sayuran yang dipanaskan dengan api sedang.

Artichoke: 20-40 menit; tanda artichoke sudah matang adalah ketika kelopaknya dengan mudah ditarik lepas dan pisau tajam dengan mudah menusuk bagian tengahnya.

Asparagus: sekitar 5-8 menit; Kukus asparagus dalam panci dengan posisi berdiri, beri jarak sekitar 3cm dari air yang sudah diberikan garam, lalu tutup pancinya.

Bit: sekitar 30-45 menit; usai dikukus, celupkan bit ke dalam air dingin, saring, baru kelupas kulitnya.

Brokoli: taruh batang yang sudah dipotong di dalam alat kukus, tutup, dan masak selama 2 menit sebelum memasukkan bagian bunganya, lalu masak 5-6 menit lagi.

Wortel: sekitar 3 menit untuk wortel kecil, sementara untuk wortel besar, kukuslah selama 10-15 menit.

Kembang kol: mirip dengan brokoli, pecahkan batang dan kembangnya. Masukkan batangnya ke dalam alat kukus, tutup, dan masak selama 2 menit sebelum memasukkan bagian kembangnya, masak 5-6 menit lebih lama. Anda juga bisa memasak seluruh kembang kol, namun akan memakan waktu sekitar 12-25 menit, tergantung besar kepalanya. Kembang kol sebaiknya dibiarkan sedikit masih keras ketika diangkat, karena ukurannya yang besar, akan masih menyimpan panas dan masih bisa membuat kembang kolnya terus melunak bahkan setelah sekian lama diangkat.

Jagung: untuk jagung pipilan, sekitar 2-3 menit, sementara untuk seluruh tongkol, sekitar 8-10 menit.

Kacang hijau: sekitar 4-6 menit.

Kentang: Kupas dan potong-potong bentuk kubus dengan ketebalan 1-2cm, kukus selama 10-15 menit.

Bayam: sekitar 2-3 menit, Anda bisa menaruh bayam langsung ke dalam panci yang berisi sedikit air, jangan lupa diaduk sesekali untuk memastikan panasnya menyebar merata pada seluruh batang bayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com