Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum John Lennon Ditutup Tahun Ini

Kompas.com - 05/02/2010, 11:27 WIB

TOKYO, KOMPAS.com -- Satu-satunya museum resmi John Lennon di dunia, John Lennon Museum, di Tokyo (Jepang), akan ditutup pada September tahun ini ketika kontrak dengan janda sang mendiang, Yoko Ono, nanti berakhir.

Museum untuk menghargai mantan personel band legendaris The Beatles itu dibuka di Saitama, Tokyo utara, pada 2000, pada ulang tahun ke-60 Lennon. Dalam museum tersebut dipajang kira-kira 130 benda, termasuk gitar, kostum panggung, lirik lagu yang ditulis tangan oleh Lennon.

"Setelah 10 tahun di sini, spirit John terus berlanjut--menanti perjalanan berikutnya,” kata Ono dalam sebuah pernyataan tertulis. "Terima kasih atas cinta anda untuk museum itu, apa yang kami pikir akan bertahan lima tahun, menjadi 10 tahun," sambungnya.

Jumlah pengunjung museum tesebut menurun kira-kira 30.000 orang dalam setahun, dibandingkan dengan jumlah pengunjung tahun pertama, 124.000 orang, terang Koji Uzuhashi, juru bicara perusahaan konstruksi Taisei Corp, yang mengelola museum itu.

"Secara keseluruhan, jumlah pengunjung mencapai 550.000 orang hingga Januari (2010)," katanya. "Saya telah mendengar informasi bahwa ada rencana baru untuk menyiapkan museum serupa sesudah barang-barang itu dikembalikan ke Ono," katanya lagi. (AFP/ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com