Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Penuaan Dini dengan Vitamin E

Kompas.com - 08/02/2010, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Banyak perempuan muda yang mengalami penuaan dini pada kulitnya. Kulit terasa kering, dan garis-garis halus mulai muncul di dahi atau sudut mata. Penuaan sebenarnya dapat Anda tunda, asalkan Anda rajin merawat kulit dari sekarang.

Salah satu cara menunda penuaan di kulit adalah dengan mengonsumsi vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan terkuat yang mampu mencegah kerusakan serat kolagen dan elastin dari akibat radikal bebas, dan meningkatkan proses regenerasi dan keratinisasi sel-sel kulit. Hasilnya, kulit kita tidak tipis dan kering karena kandungan air tidak menguap dari kulit. Kulit terjaga elastisitasnya, dan tidak cepat keriput.

''Yang perlu disadari oleh perempuan Indonesia adalah bahwa cantik itu tidak instan. Seperti halnya operasi plastik yang berlangsung cepat hasilnya, maka akan secepat itu juga efeknya menghilang,'' jelas Inge Meliana, Brand Manager Natur-E, dalam peluncuran Natur-E Journey to Beauty 2010 di Jakarta Pusat, Jumat (05/02/2010).

Ia melanjutkan, menjadi cantik itu sebuah perjalanan. Kita memulainya sekarang dan mendapatkan hasilnya nanti. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah investasi (dengan membeli dan menggunakan vitamin E) agar kulit kita tetap terjaga elastisitasnya hingga tua nanti.

Untuk perawatan wajah, vitamin E tidak hanya digunakan sebagai konsumsi oral, tetapi juga sebagai krim atau gel yang diaplikasikan langsung pada wajah.

''Kami banyak mendapatkan masukan dari konsumen yang menggunakan Natur-E sebagai masker untuk pemijatan wajah,'' ujar Inge.

Konsumen biasanya menggunakan kapsul vitamin E ini untuk totok wajah atau masker. Caranya dengan mengeluarkan isi dari 2 soft kapsul, lalu mencampurnya dengan olive oil atau baby oil. Oleskan pada wajah dan lakukan pemijatan ringan selama 15 menit setiap 2-3 hari sekali (atau dua kali seminggu).

Dalam hitungan satu bulan, dibarengi dengan penggunaan oral, sudah terasa perubahan yang signifikan. Para konsumen mengaku wajah jadi lebih cerah, kenyal, dan juga bebas masalah.

Dari makanan dan suplemen

Satu kapsul Natur-E mengandung 100 IU vitamin E alamiah yang terbuat dari ekstrak biji gandum dan esktrak minyak bunga matahari. Jumlah ini (satu kapsul sehari), sudah mencukupi kebutuhan kulit wanita. Berbeda jika kita tidak mengkonsumsi suplemen.

Vitamin E juga bisa kita peroleh dari bahan makanan, seperti kacang-kacangan, mangga, brokoli, buah kiwi, atau bayam. Namun kandungan vitamin E yang masuk dari makanan hanya sebesar 10-15 IU saja. Jumlah itu hanya mampu mencukupi kebutuhan gizi harian, bukan kebutuhan kulit.

Vitamin E sendiri bisa dikonsumsi oleh perempuan mulai usia 17 tahun. Untuk setiap tingkatan usia, dosis yang dibutuhkan juga berbeda. Perempuan usia 17-25 tahun membutuhkan 1 soft kapsul vitamin E (100 IU), 2 kapsul untuk usia 25-35 tahun, dan 3 kapsul untuk usia di atas 35 tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com