Jumat, 24 Oktober 2014
Bayi Nirina-Ernest Jalani Transfusi Darah
Rabu, 10 Februari 2010 | 16:18 WIB
|
Share:
KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA

Nirina Zubir

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar berantai yang menyebutkan bahwa putri pasangan gitaris Ernest "Cokelat" dan presenter sekaligus pemain film Nirina Zubir membutuhkan darah golongan O bukanlah isapan jempol belaka. Kabar itu pun dibenarkan Ernest.

"Ya. Alhamdulillah anak kami Zivara (Ruciragati Syarif) baik. Jadi, Zivara itu kemarin melakukan transfusi darah," ujar Ernes saat ditemui di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu (10/2/2010).

Menurut Ernest, hal itu terjadi karena kandungan darah golongan O Zivara lebih dominan dari golongan B dalam tubuhnya. "Secara klinis kedokteran, mamanya kan darahnya O, saya AB. Nah, kebetulan Nirina kadar anti B-nya cukup besar dan darah Zivara B. Jadi, saat dia masih di kandungan, masih pakai darah O," ungkap Ernest.

"Di saat dia sudah lahir dan sudah ngisap oksigen, darah yang dia pakai adalah darah dia sendiri, B. Tapi karena masih ada kandungan darah O yang mengandung banyak anti-B terjadi clash darah Zivara. Darah B-nya diserang oleh O yang bisa mengakibatkan dia kuning terus karena tingkat bilirubin-nya naik," papar Ernest.

Karena kondisi itulah putri pertamanya itu sempat terlihat mengkhawatirkan. "Kemarin sudah berada di ambang yang cukup berbahaya, ada di angka 19 (bilirubin)," cerita Ernest.

Mau tak mau, pihak dokter akhirnya menyarankan untuk transfusi darah. "Kata dokter, untuk mengobati yang tercepat adalah transfusi darah. Darah yang ada di dalam tubuh dia (golongan B) dikeluarkan dan diganti dengan darah O," ucapnya. "Akhirnya kemarin kami sempat cari darah dan alhamdulillah banyak dibantu," sambungnya.

"Alhamdulillah, tadi kami sudah lihat hasilnya dan membaik. Bilirubinnya turun jadi 13, dan kita tinggal nunggu waktu (pemulihan) aja," sambung Nirina senang.

"Kalau sudah benar-benar turun, kami pulang. Mohon doanya ya mudah-mudahan dia bisa cepat sehat dan jadi orang yang berguna," harap Nirina. (C7-09)


BERITA LAIN: