Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spontanitas, Resep Pasangan Harmonis

Kompas.com - 13/02/2010, 16:15 WIB

KOMPAS.com — Spontanitas dalam hubungan berpasangan bisa menjadi cara jitu untuk mencairkan suasana. Tak perlu menunggu atau meminta pasangan memulainya, segera saja ciptakan suasana romantis.

Cara ini manjur bagi Ratih Ibrahim, psikolog, yang sudah merajut kebersamaan dalam pernikahan selama 20 tahun lamanya.

Menurut Ratih, hubungan berpasangan harus memenuhi sejumlah syarat, seperti sayang, trust, respect, dan grow atau tumbuh bersama. Sayang menjadi bagian dari cinta, di dalamnya ada peduli dan kasih sayang. Sikap saling percaya juga perwujudan cinta, yang menumbuhkan penghargaan atas diri dan pasangan. Jika sudah begitu, cinta akan bertumbuh. Begitu pun pasangan, baik secara individu maupun sebagai suami-istri, demikian paparan Ratih dalam talkshow di rangkaian acara Toblerone bertema "Lovelicious" di Kampus Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Nah, jika semua syarat sudah ada dalam hubungan Anda, saatnya melakukan spontanitas kecil, tapi bermakna untuk pasangan. Perilaku spontan untuk pasangan di mana Anda enjoy menjalaninya menjadi cara membangun hubungan. Spontan namun harus ikhlas, artinya siapa pun harus memulai perilaku sederhana untuk membangun hubungan, tanpa paksaan atau tuntutan.

Ratih mencontohkan, cari saja waktu berduaan untuk makan malam di warung pinggir jalan di dekat rumah Anda. Anda tak perlu pesan tempat di restoran mahal, atau memusingkan baju apa yang harus dipakai. Lalu gandeng suami saat menuju tempat makan, layaknya masa pacaran saat belia dulu. Atau pastikan anak-anak sudah tidur, lalu ciptakan suasana romantis di ruang keluarga. Pasang DVD film kesukaan Anda berdua, dan nikmati suasananya tanpa harus pergi ke bioskop.

"Cara seperti ini membuat hubungan dengan pasangan lebih playfull, dan Anda berdua menikmatinya," papar Ratih. Hanya saja, kuncinya, jangan cemberut jika harus Anda melulu yang memulai, dan pasangan cenderung tidak mempunyai inisiatif untuk memulainya.

Meminta kepada pasangan tentang keinginan Anda sebenarnya sangat dianjurkan. Bukankah pasangan akan saling bertumbuh dengan saling belajar mengerti kebutuhan masing-masing?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com