Selasa, 21 Oktober 2014
Memahami Pesan dari Alam Mimpi
Senin, 15 Februari 2010 | 15:15 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Mimpi adalah bunga tidur. Jika mengalami mimpi buruk, mungkin itu tanda alam bawah sadar Anda ingin mengungkapkan sesuatu.

KOMPAS.com - Bermimipi adalah suatu hal yang normal terjadi pada siapa saja. Berikut adalah beberapa "topik" mimpi buruk yang sering terjadi dan apa artinya bagi diri Anda.

Dikejar-kejar
Merasa dikejar-kejar merupakan mimpi buruk terumum yang pernah terjadi. Anda mungkin merasa dikejar oleh binatang, seseorang, atau sebuah kekuatan hitam. Apa pun yang mengejar Anda itu menyimbolkan bagian dari diri Anda yang belum atau tak mau mengakui. Ini merupakan sebuah area dalam hidup yang membuat Anda merasa tak berdaya. Adanya seekor binatang mewakili bagian alami yang tak tersentuh dalam diri. Orang asing atau energi negatif mewakili sebuah pelajaran yang harus Anda pelajari atau terima. Mimpi buruk ini bisa diartikan sebagai peringatan untuk mulai mengambil alih kontrol hidup Anda. Kadang, ini bisa berarti sebagai melakukan keputusan yang sulit.

Tenggelam
Tenggelam atau kesulitan bernapas erat kaitannya dengan hal yang memberikan energi pada hidup Anda. Jika Anda mengalami mimpi ini, tanyakan pada diri Anda, "Apa yang saya tutupi, hindari, atau merasa tidak bisa mengatasinya?" Selain itu, hal ini juga menyangkut perasaan yang tak ingin Anda akui. Dalam mimpi, Anda bisa belajar bernapas dalam air, lho.

Terperangkap
Jika Anda merasa terperangkap dan tak bisa bergerak, bisa jadi Anda sedang menghadapi suatu kondisi yang tak memberikan Anda banyak pilihan. Bisa jadi, di kehidupan nyata, Anda tak membiarkan diri untuk menerima bahwa hidup penuh kemungkinan untuk perubahan konstruktif. Ketika terbangun, bicaralah pada seseorang yang bisa Anda percayai mengenai hal-hal yang membuat Anda merasa terperangkap.

Ditinggal/Diceraikan Pasangan
Mimpi buruk semacam ini memiliki beragam arti. Mimpi ditinggalkan atau diceraikan bisa berasal dari rasa ketidaknyamanan atau ketidakpuasan Anda dalam sebuah hubungan. Hal ini juga bisa berarti bahwa alam bawah sadar Anda berusaha mengirimkan pesan bahwa hal yang tadinya anda pikir stabil ternyata goyah lebih dari yang Anda pikir. Kadang, ada beberapa pelajaran yang bisa dipelajari mengenai menjadi seseorang yang mandiri. Pikirkan apa yang paling Anda butuhkan untuk bisa merasa aman dan nyaman dengan diri sendiri di kehidupan nyata.

Terluka
Jika di mimpi ada bagian pada tubuh Anda yang terluka, perhatikan benar-benar bagian apa. Bagian kepala merepresentasikan keseluruhan diri Anda, tangan menyimbolkan cara bagaimana Anda menghadapi hidup, dan kaki melambangkan apa yang menyokong Anda. Tanyakan pada diri Anda area apa dalam hidup Anda yang selama ini telah terabaikan atau tidak terperhatikan seksama. Mungkin sekarang sudah saatnya untuk mulai memprioritaskan kebutuhan yang selama ini belum menjadi yang terutama.

Gigi Tanggal
Gigi diperlukan untuk berbicara, makan, penampilan, dan sebagai senjata untuk melindungi diri. Kehilangan gigi kadang bisa diartikan bahwa Anda memiliki masalah dalam membuat pilihan. Merasa tidak bisa menyampaikan perasaan Anda, meragukan kemampuan untuk merawat diri, atau takut untuk bicara di depan umum merupakan tanda-tanda contoh yang melambangkan arti mimpi gigi tanggal.

Telanjang di Muka Umum
Kadang di mimpi, Anda sedang telanjang di muka umum, tapi sepertinya tak ada yang memperhatikan. Jika di dalam mimpi tersebut Anda merasa malu, mimpi ini menunjukkan bahwa Anda kekurangan kepercayaan diri atau tak nyaman berada di dekat orang lain. Mimpi merefleksikan perasaan bahwa Anda rapuh, merasa direndahkan di mata orang lain, dan mungkin merasa dibodohi. Ini merupakan mimpi y ang umum untuk orang-orang yang memiliki standar tinggi.

Ketinggalan Pesawat, Kereta Api, dan lainnya
Mimpi-mimpi seperti ini terjadi ketika Anda yang menyusun rencana dan ingin agar segala rencana Anda tersebut bisa terwujud dalam waktu yang tepat. Ini juga bisa berarti bahwa Anda baru saja ketinggalan kesempatan penting untuk bisa maju atau mengubah cara pandang. Mimpi semacam ini seringkali muncul ketika Anda harus membuat pilihan penting. Hal ini serupa dengan mimpi yang memposisikan diri harus menjawab tes padahal Anda belum siap. Anda harus menanyakan diri sendiri, apakah Anda sudah siap untuk menghadapi tantangan di depan Anda.

Berbicara dengan Orang yang Sudah Meninggal
Melihat orang yang sangat Anda kasihi dalam mimpi merupakan hal yang sangat umum. Ada yang memercayai bahwa hal ini terjadi karena kontak dari mereka yang sudah berada di alam sana lewat komunikasi telepati. Kadang mimpi semacam ini justru tidak menyeramkan, justru menenangkan. Hal ini menandakan sebuah kasih yang melewati konsep batas waktu dan jarak. Jika si orang yang "mendatangi" Anda tersebut bicara cukup lantang kepada Anda, bisa jadi ini merupakan cara diri Anda berbicara dengan diri sendiri.

Bencana Alam
Gempa bumi, tsunami, badai, tornado, atau mimpi lain yang berarti kiamat bisa diartikan sebagai hidup Anda yang harus berserah. Ada sesuatu dalam kehidupan Anda yang menjelang atau mencetuskan perubahan dramatis dari yang semulanya aman dan nyaman.

Kebanyakan orang secara berkala mengalami mimpi yang sama berulang-ulang. Hal ini bisa menjadi sebuah sinyal bahwa alam bawah sadar Anda berusaha mengirimkan pesan. Ketika Anda sudah memahami pesannya dan bergerak untuk melakukan sesuatu, mimpi tersebut bisa berubah atau berhenti. Mimpi buruk merupakan cara untuk mengurangi rasa takut agar Anda bisa lebih jujur dengan diri sendiri. Jangan terlalu merasa takut ketika mendapatkan mimpi buruk, tapi sambutlah sebagai pesan tersembunyi untuk bisa lebih baik menjalani hidup.


Penulis :
Nadia Felicia
Editor :
NF
BERITA LAIN: