Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Kupat Tahu Bu Ratih

Kompas.com - 19/02/2010, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Masakan tradisional kupat tahu seperti di Magelang, ternyata juga ada di Banyumas. Hanya bagi masyarakat setempat di Banyumas, ada yang menyebutnya kupat tahu, tetapi ada juga yang menyebutnya sebagai tahu gejot. Bedanya lagi, kupat tahu versi Banyumas ini tidak menggunakan bumbu kacang, tetapi hanya menggunakan gula merah.

Jadi, walaupun penampilan masakannya hampir sama, rasanya tetap berbeda. Satu hal yang menarik, saat kupat tahu Banyumas disajikan, tempe mendoan yang menjadi makanan favorit orang Banyumas tak pernah ketinggalan. Begitu juga kerupuk mireng warna kuning yang berbentuk sama dengan kerupuk mi tetapi terbuat dari singkong.

Biasanya makanan ini dijajakan keliling dengan menggunakan gerobak. Ada juga yang menggunakan pikulan. Namun jika ditanya soal kupat tahu Banyumas, sebagian besar orang Banyumas akan merujuk pada kupat tahu Bu Ratih di kota lama Banyumas, tepatnya berada di belakang pasar Banyumas.

Warung kupat tahu Bu Ratih ini cukup teduh karena digelar dibawah pohon ketapang yang rindang. Dapurnya ditempatkan secara terbuka di muka warung, sehingga pelanggannya bisa langsung pesan.

Saat mencicipinya, kita tak akan mengira kalau sajian kupat tahu yang hanya dibuat dengan kuah gula merah ini begitu nikmat saat sampai di lidah. Tambah sedap lagi karena disantap bersama tempe mendoan.

Kupat tahu ini terasa nikmat, tidak hanya karena kuahnya yang terbuat dari gula merah asli dari nira kelapa murni, tetapi juga racikan bumbu pendukungnya, antara lain garam, cabai rawit merah, dan bawang putih.

Semua bahan dan bumbu kupat tahu ini ditempatkan dalam wadah terpisah-pisah, yang diletakkan di atas meja dapur. Untuk meraciknya, disiapkan cobek besar dan sebuah talenan.

Cobek besar digunakan untuk mengulek bumbu yang pedas, yakni gula merah ditambah bawang putih dan cabai rawit merah. Sementara untuk bumbu yang tidak pedas yakni gula merah dan bawang putih, cukup diulek di atas talenan, yakni hanya gula merah dan bawang putih.

Bumbu-bumbu ini digunakan untuk menguatkan cita rasa pada racikan bahan kupat tahu yang terdiri atas tauge, rajangan kubis, tahu goreng, dan potongan ketupat. Sebagai tahap akhir, bahan-bahan tersebut disiram dengan air gula merah yang dimasak dengan ditambahi sedikit garam.

Agar lebih nikmat, di atas kupat tahu ini tak lupa ditaburi kerupuk mireng yang diremukan. Kerupuk ini memberikan rasa renyah di antara tauge dan rajangan kubis yang lembut karena telah melalui proses perebusan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com