Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bugar Lewat Lompat Tali

Kompas.com - 22/02/2010, 18:59 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan dari kita mungkin tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendatangi gym, atau terhambat lokasi yang jauh. Namun hal itu seharusnya tak menghalangi Anda untuk lebih aktif menggerakkan tubuh Anda.

Ada salah satu jenis olahraga yang bisa menggerakkan hampir seluruh otot dalam tubuh Anda, yaitu skipping, atau lompat tali. Lompat tali memiliki metode gerak yang  hampir sama dengan berenang. Menurut penelitian dari departemen kesehatan dan kinesiologi Georgia State University, dengan lompat tali Anda akan menggerakkan otot betis, paha, perut, dada, punggung, bahu, dan lengan. Sementara itu website ropesport.com mengakui bahwa lompat tali akan membakar lemak dalam tubuh sebesar 1000 kalori per jam.

Lompat tali bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Latihan ini memang tidak butuh ruangan yang besar. Peralatan yang diperlukan pun hanya skipping rope yang mudah didapatkan di toko olahraga. Berikut aturan untuk mulai berlatih lompat tali:

Langkah 1. Mulailah melompat setiap hari secara rutin dengan menambahkan lama waktu melompat setiap hari. Misalnya, hari ini Anda berhasil melakukan latihan selama 5 menit, selanjutnya lanjutkan dengan latihan selama 10 menit hingga Anda merasa familiar dengan latihan tersebut. Kelak, Anda bisa mencapai latihan selama 20 menit, bahkan mungkin lebih.

Langkah 2. Semakin cepat lompatan Anda, dan semakin banyak Anda melakukan lompatan dalam 30-60 detik, maka Anda sudah mencapai latihan otot yang tepat. Kombinasikan gerakan yang cepat dan lambat agar Anda tidak mudah lelah. Misalnya 30-60 detik lompatan cepat, 60-90 detik lompatan lambat.

Langkah 3. Selain memperkuat otot, lompat tali juga akan membuang lemak dalam tubuh. Syaratnya, lakukan minimal 30-45 menit latihan. Jangan melakukan lompatan jenis ini kalau Anda belum terbiasa atau belum mampu. Lakukan secara bertahap mulai dari 5 menit.

Langkah 4. Jika Anda sudah mulai terbiasa dengan latihan lompatan cepat, maka mulailah untuk memangkas waktu latihan. Misalnya Anda berlatih selama 5 menit dengan istirahat selama 1 menit, lalu lanjutkan kembali.

Langkah 5. Imbangi dengan pola makan. Normalnya, kita perlu asupan sebanyak 1200 kalori perhari. Jika latihan 1 jam bisa memangkas kalori sebesar 1000 kalori, maka Anda harus berlatih selama 1 jam jika mengkonsumsi kalori sebesar 2200 kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com