Kamis, 2 Oktober 2014
Perlengkapan untuk Bayi yang Baru Lahir
Selasa, 2 Maret 2010 | 17:22 WIB
|
Share:
shutterstock

Selimut hangat akan membuat si kecil tidur nyenyak.

KOMPAS.com - Kehamilan Anda sudah memasuki bulan kedelapan, dan Anda merasa excited menghadapi kelahiran si kecil. Anda hanya merasa sedikit bingung menghadapi hari kelahiran nanti, karena tidak ada ibu atau kakak perempuan yang bisa menemani Anda mempersiapkan diri. Misalnya saja, barang-barang apa saja yang harus Anda miliki ketika bayi sudah lahir.

Sebelum Anda mengalami baby blues karena merasa tidak punya pengetahuan apa pun saat mempersiapkan kelahiran bayi, coba simak daftar benda penting yang perlu Anda miliki berikut ini:

1. Pompa payudara
Seorang ibu mungkin akan kesulitan untuk memberikan ASI, terlebih jika ia dilanda rasa tertekan sehingga berpengaruh pada pengeluaran jumlah ASI. Pompa payudara juga bisa membantu ketika Anda kembali bekerja setelah melahirkan. Alat ini akan menampung ASI agar si kecil bisa tetap minum susu pada waktu yang dijadwalkan meskipun Anda tengah bekerja.

2. Popok kain atau popok sekali pakai
Siapkan popok untuk bayi, ini paling penting. Pertimbangkan juga bahan yang digunakan, apakah mengandung bahan yang non alergik. Kalau Anda punya waktu ekstra, tidak ada salahnya menggunakan popok kain yang bisa dicuci.

3. Kain atau alat gendongan
Kain gendongan akan membantu Anda untuk tetap beraktivitas di rumah meskipun tengah menggendong bayi. Yang lebih penting, Anda tetap bisa menjalin hubungan (bonding) dengan si kecil. Saat ini ada alat gendong yang bisa digunakan untuk menggendong di depan atau di belakang.

4. Selimut hangat
Selimut yang hangat akan membantu si kecil untuk tidur nyenyak. Rasa hangat dari selimut bisa menggantikan rasa hangat yang ia rasakan saat berada di dalam perut atau dalam pelukan ibunya.

5. Bantal dan guling bayi
Untuk bayi yang baru lahir, Anda tentu tidak bisa memberikan bantal dan guling ukuran standar. Bantal bayi lebih kecil dan tipis. Namun bantal dan guling standar juga bisa berguna untuk dijadikan pembatas agar bayi tidak jatuh dari tempat tidur.

 6. Tas bayi
Beli tas untuk bepergian yang memiliki banyak kantong multifungsi. Misalnya kantong untuk botol susu dan diapers.

7. Kelambu
Kelambu berfungsi untuk menghindari si kecil dari gigitan nyamuk atau serangga. Anda bisa membeli kelambu mungil dengan kawat di sekelilingnya yang berbentuk seperti tudung saji.

8. Ember mandi
Gunakan ember mandi khusus untuk memandikan bayi. Umumnya, ember jenis ini sudah dirancang agar nyaman untuk bayi.

9. Jepitan botol
Usai menggunakan botol susu, biasanya kita harus mensterilisasi botol susu tersebut dengan cara merebusnya. Anda akan memerlukan penjepit untuk mengambil botol dari dalam panci yang masih sangat panas.

 

10. Penghangat botol (bottle warmer)
Penghangat botol fungsinya untuk menjaga agar susu bayi tetap dalam keadaan hangat di dalam botolnya. Dengan demikian Anda tidak perlu terlalu sering bangun tengah malam untuk membuatkan susu di ruang makan.

11. Perlak

Kalau Anda menggunakan popok kain, maka perlak (alas tidur yang terbuat dari karet) diperlukan agar ompol bayi tidak tembus ke seprai dan kasurnya.

12. Wadah susu tumpuk
Wadah susu dari plastik ini biasanya diperlukan jika Anda harus bepergian dalam waktu lama dengan bayi. Satu set wadah bisa terdiri atas tiga wadah, yang masing-masing bisa diisi susu dengan takaran berbeda-beda (sesuai jadwal minum bayi).

13. Termos air panas
Termos ini adalah pasangan wadah susu tumpuk. Gunanya untuk membuat air susu ketika Anda bepergian bersama bayi. Termos yang lebih besar juga digunakan untuk diletakkan di ruang makan.


Penulis :
Golda
Editor :
din
BERITA LAIN: