Kamis, 24 April 2014
1 dari 2 Orang Berselingkuh dengan Sahabatnya
Sabtu, 20 Maret 2010 | 16:20 WIB
|
Share:
THE DAILY MAIL

Kemesraan ini sudah berlalu....

KOMPAS.com - Sandra Bullock adalah selebriti terakhir di Hollywood yang merasakan sakitnya diselingkuhi suami. Dia langsung membatalkan kehadirannya di pemutaran perdana film The Blind Side di London, tak lama setelah selingkuhan sang suami, Michelle McGee, menjual kisahnya pada majalah gosip. Padahal, Bullock masih berbunga-bunga karena baru saja meraih penghargaan Best Actress dari Academy Awards.

Perselingkuhan ini terkuak hanya dua minggu setelah Bullock dan suaminya menunjukkan kemesraan di berbagai award show. Tentunya, diikuti dengan banyak ucapan terima kasih dari Bullock untuk sang suami saat menerima penghargaan Best Actress-nya.

Perselingkuhan memang seringkali tak terduga. Pria yang sepintas pendiam, tampak seperti suami yang penyayang, dan tak pernah berkurang dalam mencurahkan perhatian, ternyata seorang peselingkuh ulung. Seringkali hubungan gelap tersebut telah terjadi selama bertahun-tahun, dan sang istri tak menaruh curiga sedikit pun. Tak heran dunia seperti runtuh ketika perselingkuhan itu terungkap. Sandra Bullock pun langsung menghilang begitu berita perselingkuhan suaminya beredar.

Menurut para peneliti, kasus perselingkuhan memang cenderung meningkat saat ini. Di Amerika, kasus pria yang menikah atau hidup bersama seseorang lalu berselingkuh adalah 1 dari 4,76 (21 persen). Sementara itu, perempuan di Amerika yang berselingkuh saat masih berhubungan adalah 1 dari 9,09 (atau 11 persen). Bahkan orang yang tak pernah berselingkuh pun ternyata pernah berfantasi untuk selingkuh. Jumlahnya lebih parah, 1 dari 3,33 orang dewasa di Amerika.

Selama ini, pria juga dianggap lebih sering berselingkuh daripada perempuan. Namun sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Experimental Social Psychology (PDF) edisi Mei 2009 mengemukakan bahwa perempuan lebih sering mengakui bahwa dirinya selingkuh daripada pria. Kenyataannya, perempuan lajang lah yang kerap berinisiatif mengejar pria yang sudah berpasangan. Alasan yang umum dikemukakan kaum perempuan, "Habis semua pria yang baik sudah menikah."

Di Amerika bahkan ada situs kencan untuk orang yang sudah menikah, yaitu AshleyMadison.com. Situs yang diluncurkan tahun 2001 ini memfasilitasi pertemuan dengan cara yang juga dilakukan para pengguna situs jejaring sosial. Hanya saja, lokasi tempat tinggal atau tempat kerja masih menjadi tempat umum untuk berselingkuh. 

Tidak mengherankan, ada pula hasil penelitian yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang berselingkuh dengan tetangganya adalah 1 dari 6,67 orang, dan yang berselingkuh dengan rekan kerjanya adalah 1 dari 2,7 orang. Peluang selingkuh itu lebih terbuka bila dilakukan dengan seorang teman, yaitu 1 dari 1,45 (atau 69 persennya).

Beberapa tahun lalu, pernah juga dilakukan penelitian di Indonesia yang menunjukkan bahwa 1 dari 3 pria berselingkuh. Saat ini, jumlah tersebut mungkin juga telah meningkat.

Penulis :
Felicitas Harmandini
Editor :
din