Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyedap Masakan Penggugah Selera

Kompas.com - 23/03/2010, 18:57 WIB

KOMPAS.com - Soto betawi, ayam bumbu jahe, atau sapi lada hitam, semuanya menggugah selera. Nah, taukah Anda rahasia di balik makanan yang menggugah selera itu?

Rahasianya adalah bahan penyedap alami yang ditambahkan dalam resep masakan tersebut. Bumbu-bumbu inilah yang akan membuat masakan Anda punya cita rasa.

1. Perasan jeruk lemon
Ingat tip memasak dari Farah Quinn? Ia selalu menambahkan perasan air jeruk lemon hampir di setiap menu masakannya. Menurutnya, air jeruk lemon membuat rasa masakan lebih sedap dan menggugah selera karena wanginya! Cukup gunakan satu sendok teh air perasan jeruk lemon dalam sup ayam, gulai ikan, soto betawi, dan masakan bersaus seperti salad.

2. Cuka
Bumbu masakan klasik ini memiliki banyak kebaikan, yakni sehat dan serbaguna. Jika Anda menggunakan takaran yang tepat, maka warna masakan akan jadi lebih menonjol, dan rasanya jadi lebih tajam. Anda juga bisa menggunakan cuka merah sebagai pengganti garam.

3. Jahe
Jahe merupakan bumbu masakan khas Asia. Umbi akar ini memberikan sensasi rasa hangat dan segar pada masakan. Cukup tambahkan sedikit potongan jahe yang dimemarkan untuk menghilangkan amis pada daging panggang dan ikan. 

4. Paprika
Paprika si cabai gemuk yang tidak pedas ini punya banyak varian: paprika merah, hijau, kuning, oranya, ungu, hingga putih. Selain rasanya yang enak, secara visual juga menggugah selera. Bahan ini juga bisa memberikan sensasi rasa yang berbeda ketimbang cabai. Tambahkan paprika pada gulai ayam atau gulai daging. Anda akan mencium aroma segar dari air yang dikeluarkan paprika.

5. Cengkeh
Cengkeh memberikan sensasi hangat dan wangi. Masakan yang menggunakan daging umumnya menggunakan cengkeh. Kue bolu, nastar, dan beberapa kue kering lainnya, juga menggunakan cengkeh untuk tambahan rasa.

6. Kayu manis
Kayu manis banyak dijumpai pada makanan penutup seperti setup buah, tiramisu, dan kue basah.

7. Daun seledri
Doyan makan bakso dan sup? Seledri lah kuncinya. Wangi khas dan segar membuat seledri jadi penyedap masakan yang tidak pernah absen dalam hidangan sehari-hari.

8. Kapulaga
Kapulaga digunakan untuk menetralkan bau amis dan pekat pada makanan seperti gulai kambing dan hidangan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com