Kamis, 30 Oktober 2014
Perut Langsing dengan "Hula Hoop"
Kamis, 25 Maret 2010 | 10:24 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Dianggap sebagai latihan low impact yang mampu menggerakkan seluruh tubuh.

KOMPAS.com — Gara-gara Michelle Obama bermain hula hoop, permainan ini jadi ngetren lagi. Sang ibu negara ini sudah beberapa kali terlihat asyik memainkan alat tersebut, salah satunya dalam acara Healthy Kids Fair di Gedung Putih, dua minggu lalu. 

Ketika muncul sekitar 50 tahun lalu, hula hoop diperkenalkan sebagai mainan anak-anak. Karena itu ketika kita kecil, hula hoop populer di kalangan "anak kampung". Hal ini membuktikan, permainan ini memang sudah begitu memasyarakat.

Seiring makin tingginya kesadaran orang tentang kebugaran, alat ini malah dikenal sebagai properti latihan. Latihan memutar-mutar lingkaran tersebut di sekitar pinggang dianggap sebagai salah satu cara yang menyenangkan untuk merampingkan perut. Di beberapa gym, group exercise class tak hanya menawarkan kelas aerobik atau yoga, tetapi juga hula hoop.

Vicky Lakin, misalnya. Instruktur fitnes ini sudah membuka kelas hula hoop di tiga kota di West Yorkshire, Inggris. Sambutannya ternyata luar biasa. "Saya sudah fully booked. Saya punya jadwal 12 kelas minggu ini," katanya.

Hula hoop digambarkannya sebagai bentuk latihan low impact yang membuat seluruh tubuh bekerja. Tak heran, latihan ini juga digunakan oleh Marisa Tomei untuk membantu membentuk badannya saat harus membintangi film The Wrestler (2008). Hingga sekarang, aktris peraih Oscar ini masih memainkannya beberapa kali seminggu.

"Anda tidak bisa berhenti tersenyum dan tertawa saat ber-hula hoop," katanya.

Hula hoop generasi saat ini dikabarkan juga menggunakan lingkaran yang lebih besar dan lebih berat. Hal itu menyebabkan lingkaran itu tak mudah jatuh. Michelle Obama, misalnya, berhasil memutar sebanyak 142 kali sebelum alat itu akhirnya jatuh.

Apabila Anda tak punya peralatan hula hoop, Anda juga bisa menggunakan gim Wii Fit Hula Hoop dari Nintendo. Permainan ini diklaim bisa membakar 100 kalori dalam 10 menit. Jika Anda memainkannya selama 1 jam, Anda mungkin bisa membakar 400-600 kalori. Mainkan bersama teman-teman sambil mendengarkan musik, pasti Anda tak akan merasa bosan.

Meskipun begitu, beberapa pakar kesehatan ragu bahwa aktivitas ini akan menjadi bagian dari sesi latihan rutin.

"Itu bisa saja menjadi personal tool untuk digunakan sesekali di fitnes, seperti medicine ball," ujar Neal Pire, fisiolog latihan dan anggota American College of Sports Medicine. "Tetapi, sebagai kelas latihan berkelompok, menurut saya akan sulit, karena tidak banyak yang bisa dilakukan dengan alat itu."

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pernah mendapatkan manfaat dari permainan hula hoop?

 


Penulis :
Felicitas Harmandini
Editor :
din
BERITA LAIN: