Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan Makanan Pakai Aluminium Foil atau Plastik?

Kompas.com - 07/04/2010, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Untuk menjaga dan menyimpan makanan sisa, mana yang Anda gunakan untuk penyimpanan? Aluminium foil atau plastik? Jawabannya tergantung dengan jenis makanan dan bagaimana Anda akan memanaskannya kembali. Berikut perbandingannya:

Aluminium Foil
Baik digunakan untuk: Jika Anda akan menyimpan makanan yang baunya tak sedap, aluminium foil akan menciptakan penghalang yang cukup kuat untuk mencegah bau makanan tadi bertebaran ke seluruh penjuru lemari pendingin Anda. Pastikan Anda menutupnya dengan sempurna dan seerat mungkin. Aluminium foil juga ideal jika Anda akan menghangatkan kembali makanan tersebut dengan oven konvensional, karena aluminium foil bisa tahan panas.

Tips penggunaan: Saat Anda akan menyimpan makanan yang sudah terbungkus plastik, coba gunakan selapis aluminium foil untuk membungkus kembali bagian luarnya. Melakukan hal ini akan memastikan tidak ada oksigen yang masuk ke makanan yang dibungkus itu. Pastikan Anda tidak menggunakan aluminium foil dalam microwave karena bisa menimbulkan percikan api. Jangan gunakan aluminium foil untuk menyimpan makanan asam, seperti tomat dan buah berry. Asam pada makanan tersebut akan bereaksi dengan aluminium dan meninggalkan residu berwarna biru yang tipis.
 
Plastik
Baik digunakan untuk: Makanan asam dan makanan segar lainnya, seperti sandwich.

Tips penggunaan: Untuk menyimpan makanan, seperti apel dan alpukat agar tidak cepat berubah menjadi warna kecokelatan, simpan di dalam plastik, pastikan Anda mengeratkan agar menempel plastik pada bagian terluar buah-buahan tadi. Ketika Anda ingin merendam daging dengan saus (marinade), Anda bisa mempercepat proses penyerapannya dengan memasukkan daging beserta saus tersebut dalam plastik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com