Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"TIKET" OSN DIPEREBUTKAN

Kompas.com - 19/04/2010, 13:42 WIB

SALATIGA, KOMPAS - Ratusan siswa sekolah menengah atas di Kota Salatiga memperebutkan "tiket" Olimpiade Sains Nasional atau OSN 2010 melalui seleksi tingkat kota, Sabtu (17/4). Seleksi ini diharapkan memotivasi siswa, guru, maupun manajemen sekolah untuk bersama-sama mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan partisipatif.

Menurut Zaenuri, Ketua Panitia Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2010 Tingkat Kota Salatiga, seleksi tersebut diikuti 300 siswa dari delapan SMA negeri dan swasta di Kota Salatiga. Setiap sekolah diminta mengirimkan wakilnya untuk mata uji Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Komputer, Astronomi, Kebumian, dan Ekonomi. "Rata-rata setiap sekolah mengirimkan lima siswa per mata uji. Dari setiap mata uji itu akan kami pilih tiga terbaik untuk mewakili Kota Salatiga di OSN tingkat Provinsi Jawa Tengah. Seleksi pada hari ini serentak digelar di kabupaten dan kota se-Jateng," ujarnya.

Menurut Zaenuri, pemenang seleksi akan diberi pelatihan intensif tiga hari sebelum mengikuti seleksi tingkat provinsi, Mei mendatang. Adapun pemenang seleksi tingkat provinsi akan maju pada OSN yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara, Agustus nanti.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Salatiga Priyono Soedharto, berharap seleksi OSN ini akan menemukan siswa yang berbakat pada tiap mata uji. Dia menargetkan wakil Kota Salatiga lolos hingga di tingkat nasional. Pada OSN 2009, siswa SMAN 1 Salatiga berhasil meraih juara dua bidang astronomi.

"OSN ini merupakan pintu bagi siswa untuk menapaki jenjang pendidikan lebih luas. Pemenangnya berpotensi mendapat beasiswa ke perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri," ujarnya.

OSN diharapkan memotivasi semua pemangku kepentingan sehingga terdorong meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini akan terwujud bila model belajar mengajar di kelas lebih menarik.

Didominasi sekolah tertentu

Selain itu, Priyono juga mendorong pemerataan kemampuan siswa karena selama ini wakil Salatiga untuk OSN masih didominasi sekolah-sekolah tertentu, seperti SMAN 1, SMAN3, SMA Kristen 1 Salatiga, dan SMA Laboratorium.

Hal ini tidak terlepas dari komitmen orangtua, guru, dan sekolah yang mempersiapkan siswa menghadapi OSN sejak jauh hari. Bahkan sekolah "langganan" OSN membentuk klub-klub untuk menempa siswanya.

"Kami sudah lama membentuk klub sains yang mewadahi siswa untuk persiapan OSN, dan bekerja sama dengan perguruan tinggi," kata Kepala SMAN 3 Salatiga Sujit Mudjirno. (GAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com