Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Saat Tepat Perkenalkan MP-ASI Pada Bayi?

Kompas.com - 22/04/2010, 12:30 WIB

KOMPAS.com - "Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan paling sesuai untuk semua bayi baru lahir. ASI memiliki keuntungan-keuntungan gizi, imunologi, dan fisiologi yang lebih baik ketimbang susu formula komersial. Sehingga, pemberian ASI sangat penting, khususnya bayi-bayi yang lahir di negara berkembang, karena biaya dan metode persiapan susu formula bisa mengarah ke asupan gizi yang tidak memadai dan/ penyakit," jelas Khairani Diman, Sp.A, dokter anak di RSIA Kemang Medical Care, Ampera, Jakarta, saat acara program edukasi bagi ibu bertajuk Parenting Without Worries bersama Philips Avent, beberapa waktu lalu.

Khairani menjelaskan lebih lanjut, bahwa bayi bisa diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama usianya. Namun, Khairani menjelaskan, tak semua bayi bisa diberikan ASI eksklusif. Kriteria bayi yang bisa diberikan ASI eksklusif adalah yang usia kelahirannya cukup bulan dan sehat, juga bayi baru lahir prematur berisiko rendah (dilahirkan setelah usia kehamilan 32 minggu, tanpa masalah pernafasan).

Setelah 6 bulan, bayi sudah bisa dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Perkenalan MP-ASI merupakan tahapan penting dalam hidup seorang anak. Karena dari sinilah terbentuk kebiasaan dan perkembangan si anak. "Asupan MP-ASI harus disiapkan sedemikian rupa agar selalu selaras dengan proses pertumbuhan dan kemampuan bayi menerima makanan tersebut," jelas Khairani.

MP-ASI harus diberikan dan dikenalkan kepada bayi secara bertahap, baik dalam bentuk dan jumlahnya agar pencernaan bayi bisa beradaptasi. MP-ASI sebaiknya diberikan setelah bayi berumur 6 bulan. Menurut Khairani, pemberian MP-ASI harus memenuhi beberapa ketentuan, di antaranya; bahan makanan harus mudah dimakan, mudah dicerna, dan penyiapannya higienis, serta bergizi. Bila memungkinkan, gunakan bahan-bahan makanan lokal dan pastikan alat makan yang digunakan cukup higienis.

Khairani menyarankan agar para orangtua memperkenalkan MP-ASI dengan makanan yang dibuat sendiri. Selain karena dengan makanan yang dibuat sendiri, Anda bisa memiliki kendali penuh atas apa yang akan diasup oleh anak. Anda pun menanamkan kebiasaan makan makanan yang sehat sejak dini kepada anak. Lebih lagi, makanan yang dibuat sendiri akan lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif, juga bisa lebih bervariasi, lebih lezat, murah, dan hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com