Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nutrisi yang Paling Diperlukan Rambut

Kompas.com - 22/04/2010, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Rambut indah adalah hal yang diinginkan wanita dan pria agar terlihat awet muda dan senantiasa menarik. Tapi rambut yang indah berawal dari rambut sehat terawat yang terpenuhi nutrisinya. Sama halnya dengan tubuh, rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Agar nutrisi bisa terserap dengan baik, kulit kepala harus sehat. Untuk menjaga supaya kulitkepala tetap sehat dan tidak kering, kita membutuhkan zat lemak yang berkualitas.

Perlu Anda ketahui, 3 persen dari setiap batang rambut kita terdiri dari lemak. Lemak dibutuhkan untuk membangun dinding sel pada kulit kepala dan menciptakan zat lemak alami untuk mencegah kulit kepala dari kekeringan. Yang dimaksud dengan zat lemak berkualitas adalah asam lemak omega 3. Beberapa jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah: ikan salmon, kacang kenari, kacang kedelai, dan bayam.

Selain asam lemak omega 3, kesehatan rambut Anda juga didukung oleh zat besi yang cukup pada tubuh Anda. Zat besi berfungsi untuk membantu mengantarkan sel darah merah pada folikel rambut. Jadi, sebaiknya atur diet Anda dengan benar. Jangan sampai Anda mengalami kerontokan rambut dan anemia karena kekurangan zat besi pada tubuh Anda. Beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi adalah: bayam dan tomat. Sedangkan yang bersumber pada hewani, yaitu: kerang, daging sapi, kalkun, bebek, kambung, ayam, udang, dan telur.

(Dian Primasari/Majalah Sekar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com