Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan

Kompas.com - 04/05/2010, 17:18 WIB

KOMPAS.com — Yoghurt dikenal baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Minuman yang diciptakan dari fermentasi susu ini, menurut penelitian, lebih mudah dicerna oleh usus, terutama oleh orang-orang yang alergi terhadap laktosa (zat yang terkandung dalam susu biasa).

Selain untuk kesehatan tubuh, yoghurt juga bermanfaat untuk menjaga kehalusan kulit. Perawatan kulit menggunakan yoghurt pun dapat dilakukan dari luar. Beberapa penelitian membuktikan, membersihkan kulit dengan yoghurt lebih baik dibandingkan mandi dengan sabun atau shower gel karena yoghurt tidak membuang pelembab alami yang ada di permukaan kulit. Enaknya lagi, Anda bisa menggunakan produk-produk yoghurt yang sama dengan yang Anda konsumsi untuk scrub atau masker, tapi sebaiknya gunakan yang tanpa rasa (plain).

Yoghurt bisa Anda gunakan untuk merawat kecantikan dari ujung kepala sampai ujung kaki, berikut di antaranya:

Rambut. Jika rambut Anda kasar dan bercabang, campurkan yoghurt dengan telur, lalu oleskan secara merata pada rambut dan pijat-pijat supaya meresap ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit sambil dibungkus dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa.

Wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, Anda bisa menggunakan masker yoghurt secara teratur. Caranya dengan mencampurkan yoghurt dengan satu sendok makan madu dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air hangat.

Kulit. Scrub yoghurt sangat bermanfaat untuk membuang kulit mati pada tubuh. Campurkan yoghurt pada air mandi hangat-hangat kuku Anda. Selain bisa membuat kulit tubuh lebih kenyal, kulit Anda pun lebih bersinar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com