Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Bunga Agar Tetap Segar

Kompas.com - 11/05/2010, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Sebatang bunga dalam vas bisa mempercantik dekorasi ruang di rumah. Apalagi jika rangkaian bunga bisa menjadi pewangi ruang alami. Namun, kecantikan dan fungsi bunga bisa hilang jika perawatannya keliru.

Rossi Della dari Bali Rose mengungkapkan bahwa kualitas bunga berangkat dari cara perawatannya. Mulai dari masa tanam dengan kualitas bibit dan kesuburan tanah. Lalu masa panen seperti waktu panen yang ternyata mempengaruhi kesegaran bunga, hingga perawatan saat bunga dipetik dan dipajang sebagai penghias.

Sebagai pengguna akhir, ada cara yang bisa Anda lakukan agar bunga tetap segar dan cantik hingga 3 - 7 hari. Namun bila umumnya bunga tahan hingga 3 hari, hanya bunga dari perkebunan di tanah Bedugul Bali yang bisa bertahan 7 hari, klaim Rossi.

1. Simpan dalam suhu normal dan konstan
Bunga sebaiknya disimpan dalam suhu normal dan tidak drastis. Misalnya, untuk pemakaian tertentu (terutama hiasan tata rias), terkadang bunga disimpan dalam lemari es. Cara keliru ini bisa membuat bunga layu dan tidak tahan lama, karena suhu berubah drastis saat bunga dikeluarkan dari lemari es dan disimpan dalam suhu ruangan. Simpan bunga dalam suhu 7-10 derajat Celsius atau 15-17 derajat Celcius. 

2. Hindari dari sinar matahari langsung
Ada bunga yang tidak tahan dengan sinar matahari, tetapi ada juga tanaman yang hanya akan berbunga jika terkena sinar matahari langsung. Namun umumnya bunga hias tidak tahan bila terkena sinar matahari langsung. Perkebunan bunga Bali Rose misalnya, menanam bunga dalam green house untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung ke bunga.

3. Jangan semprotkan air pada bunga
Asumsinya, menyemprot air ke bunga yang sudah disimpan dalam vas bisa membuat bunga segar. Padahal cara ini bisa membuat bunga layu dengan daya tahan kurang dari sehari saja. 

4. Potong tangkai bawah 1 cm setiap hari
Saat bunga disimpan dalam vas berisi air, tangkai paling bawah akan menyerap air. Semakin lama disimpan dalam vas, bunga akan menyerap lebih banyak air. Potong 1 cm tangkai bawah setiap hari, agar bunga tak kebanyakan air. Kebanyakan air hanya membuatnya menjadi layu lebih cepat.

5. Atur air dalam vas bunga

Isi air vas bunga setinggi 2 cm dari tangkai paling bawah, dan ganti air setiap 1-2 hari sekali. Cara ini bisa menghindari kebusukan pada batang bunga. Batang yang busuk membuat tampilan bunga tidak segar. Bunga juga menjadi layu lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com