Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga OSN Digelar Agustus

Kompas.com - 01/06/2010, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam meraih prestasi akademik melalui pendidikan bermutu, perlu dikembangkan kecerdasan komprehensif dan bermakna yang meliputi olah hati (cerdas spiritual), olah pikir (cerdas intelektual), olah rasa (cerdas emosional dan sosial), dan olah raga (cerdas kinestetis). Olah pikir dilakukan untuk mengembangkan kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan serta teknologi.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dr. Sungkowo M kepada Kompas.com, Selasa (1/5/2010), mengatakan, dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Direktorat Pembinaan SMA Kemendiknas RI kembali akan menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional sebagai ajang kompetisi berjenjang siswa-siswi Indonesia mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, hingga internasional.

"OSN kembali digelar dalam rangka memilih siswa-siswi terbaik tingkat nasional untuk dipersiapkan mengikuti olimpiade sains internasional 2011 mendatang," ujar Sungkowo.

Dia berharap, selain untuk menjaring siswa-siswi unggul di bidang sains, penyelenggaraan OSN secara berjenjang ini diharapkan memotivasi siswa agar lebih gemar belajar sains dan memacu peningkatan mutu pendidikan, khususnya sains.

“Di tengah persaingan global yang membutuhkan banyak scientist muda, OSN adalah ajang yang tepat untuk menelurkan bibit-bibit baru di bidang Iptek," ujarnya.

Sungkowo menuturkan, ada tiga alasan diadakannya OSN. Yang pertama adalah perbaikan mutu, terutama para lulusan SMA nanti. Kedua, lanjut Sungkowo, meningkatkan kompetisi yang sehat antar siswa, antar sekolah, antar kabupaten, dan antar provinsi. Terakhir, alasan ketiga, merupakan ajang seleksi tingkat internasional.

"Maka, kita sangat mengharapkan OSN kali ini bisa menemukan calon-calon yang nantinya dapat mewakili Indonesia dalam berbagai bidang,” tambah Sungkowo.

Tahun ini, peserta OSN mencapai 12.142 orang. Mereka adalah siswa-siswi terbaik Indonesia yang berhasil lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota dan akan unjuk prestasi dalam olimpiade sains di tingkat provinsi.

Adapun pelaksanaan seleksi Olimpiade Sains Provinsi 2010 akan serentak diselenggarakan pada 1 sampai 3 Juni 2010 di 33 provinsi. Peserta yang sukses berkompetisi di tingkat provinsi akan berlaga dalam OSN 2010 yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, pada Agustus 2010 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com