Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Sepeda Kompas Bersama Polygon

Kompas.com - 15/06/2010, 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain 30 pesepeda plus sepuluh petugas polisi yang terlibat dalam Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta, sepeda-sepeda yang ikut tentu juga menjadi perhatian. Polygon sebagai sponsor memberikan 40 sepeda Heist 3.0 untuk menyemarakkan perhelatan yang digelar dalam rangka HUT ke-45 harian Kompas.

Head PR and Communication PT Dispoly Indonesia Ketut Adi Yogiswara mengatakan, Heist adalah jenis sepeda baru hasil perkawinan sepeda gunung atau mountain bike yang nyaman dan sepeda balap atau road yang unggul dalam kecepatan.

"Heist jenis paling nyaman di jalan. Nah, cocok untuk perjalanan 1.100 km Surabaya-Jakarta," tuturnya dalam keterangan pers di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (15/6/2010).

Yogi mengatakan, sepeda gunung biasanya unggul di kenyamanan bersepeda dan struktur ban dengan kembangan. Adapun sepeda balap unggul dalam kecepatan yang tak perlu diragukan lagi. Sementara itu, kelemahan keduanya juga akan diminimalkan dalam wujud Heist.

Heist menggunakan suspensi di depan seperti kekhasan sepeda gunung dengan ban berdiameter 700 C (setara dengan 28 inci) yang menjadi ciri sepada balap. Struktur ban besar ini dilengkapi dengan kembangan kecil sehingga dapat meminimalkan kecelakaan ketika sepeda melaju di jalan raya. Ini beda dengan ban sepeda balap yang licin karena biasanya melaju di atas lintasan.

"Jadi, Heist akan jago di jalan raya walaupun tidak terlalu rata," tambahnya. Wujud fisiknya pun merupakan kolaborasi keduanya, seperti sadel dan frame-nya mengadopsi sepeda balap, sedangkan setang dan groupset mengadopsi sepeda gunung.

Untuk menempuh Surabaya-Jakarta sejauh 1.100 km, Yogi mengatakan bahwa para pesepeda perlu membawa cadangan ban untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan selama perjalanan 23 Juni-4 Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com