Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengatasi Rambut Kering

Kompas.com - 05/07/2010, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Rambut kering memang sering mengganggu. Rambut yang kering biasanya mudah kusut, dan bila kusut, ujung-ujungnya jadi gampang rontok. Coba amati, jangan-jangan rambut Anda yang sebenarnya normal cenderung menjadi kering karena Anda salah memperlakukannya.

1. Bilas dengan air dingin
Anda pasti sangat menyukai mandi uap atau air yang cukup panas untuk membilas rambut Anda. Tetapi air panas tidak dapat menjaga kelembaban pada rambut anda. Untuk itu, gunakan air dingin untuk menjaga kelembaban rambut yang dibutuhkan.

2. Lepaskan ikatan rambut ketika tidur
Biarkan rambut Anda bebas ketika tidur. Rambut juga memerlukan ruang bernafas setelah seharian beraktivitas bersama Anda. Ikatan yang terlalu kuat akan menyebabkan helaian rambut tertarik dan akhirnya rontok.

3. Istirahatkan rambut Anda dari alat penataan rambut
Seperti halnya manusia yang membutuhkan istirahat, rambut juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Alat-alat penataan rambut yang mengeluarkan hawa panas, seperti alat pengeriting, blow dryer, dan lainnya, dapat membuat rambut Anda menjadi semakin kering.

4. Amati kondisi rambut
Dengan melihat kondisi rambut secara lebih teliti Anda dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat menyehatkan rambut Anda. Untuk itu Anda perlu berkonsultasi pada ahli dermatologi.

5. Jangan keramas setiap hari
Orang yang rambutnya cenderung berminyak mungkin disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Tetapi bila rambut Anda kering, sebaiknya jangan lakukan hal ini. Mencuci rambut setiap hari akan menguras minyak alami yang ada dalam rambut. Akibatnya, rambut jadi kusam, kering, dan kusut. Keramas setiap dua hari sekali sudah cukup.

6. Jangan menyisir rambut yang basah
Dalam keadaan basah, rambut yang kering akan sedikit rapuh. Menyisir atau menyikat rambut ketika masih lembab dan basah bisa menyebabkan rambut patah. Paling baik sih, biarkan rambut Anda mengering alami.

7. Rawat rambut yang dicat
Rambut yang dicat cenderung menjadi kering akibat bahan-bahan kimia. Untuk itu, Anda harus merawat rambut Anda dengan lebih cermat. Gunakan kondisioner setiap kali keramas untuk melembabkan rambut. Anda juga harus rutin merawat rambut di salon untuk melakukan creambath, masker rambut, atau hair spa.

(Paramitha Devi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com